Gapai 3 Puncak di Gunung Merbabu Jalur Wekas

Di Puncak Syarif Gunung Merbabu dengan background Gunung Merapi. (Foto: Hari)
Sampai di Puncak Syarif

Dari pertigaan watu tulis, kami memutuskan untuk menuju Puncak Syarif terlebih dahulu. Pukul 7.30 WIB kami sampai di Puncak Syarif.

Tidak berlama-lama di sini, kami melanjutkan perjalanan ke Puncak Kenteng Songo. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Kenteng Songo.

Bacaan Lainnya

Sebelum mencapai Puncak Kenteng Songo, terdapat medan berat yang cukup berbahaya dengan terdapatnya kabel sling dan tali karmantel untuk pegangan para pendaki.

Sebelum Puncak Kenteng Songo.

Di Puncak Kenteng Songo sangat ramai oleh pendaki lain. Di sini juga terdapat pertemuan jalur dari Selo dan Wekas. Sedangkan untuk jalur Suwanting pertemuannya ada di Puncak Triangulasi.

Baca juga: Pendakian Gunung Sindoro via Jalur Tambi/Sigedang

Usai foto bersama di Puncak Kenteng Songo, kami lanjutkan ke titik terakhir yakni Puncak Triangulasi. Untuk Akhsan, Saffana, Devi, Galih, dan Hamid melanjutkan ke jalur Suwanting karena penasaran dengan pohon Suwanting yang sangat instragramable. Sedangkan saya, Ulhaq, dan Dendy memutuskan tinggal di Puncak Triangulasi sambil menikmati cemilan dan melihat pendaki yang hilir mudik.

Medan ekstrem sebelum puncak Kenteng Songo. (Foto: Hari)

Bahkan saat saya dan Dendy tertidur, Ulhaq diam-diam mendapat kenalan dari pendaki cewe. Seketika jadi teringat RF, CA, Desi. Sayang sekali kalian tidak ikut!

“Mas, bisa minta tolong videoin ngga?” kata Ulhaq menirukan ucapan pendaki cewe tersebut saat pamer ke saya dan Dendy. Saya dan Dendy yang mendengar cerita Ulhaq hanya manggut-manggut.

Pukul 9.45 WIB setelah semuanya berkumpul kembali, kami memutuskan untuk turun menuju pos 2 di mana tenda kami berdiri. Kami mencatatkan waktu 2 jam 15 menit untuk sampai kembali di pos 2.

Lalu segera beres-beres (packing) dan melanjutkan perjalanan turun ke basecamp pada pukul 13.30 WIB. Akhirnya kami berhasil menuntaskan pendakian Gunung Merbabu ini dengan mengunjungi tiga puncaknya sekaligus.

Terimakasih untuk rekan-rekan seperjalanan kali ini: Akhsan, Galih, Saffana, Devi, Dendy, Ulhaq, dan Hamid.

Pos terkait