Serunya Menelusuri Eksotisme Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Kebumen

Goa Barat Kebumen
Foto bersama usai menyusuri Goa Barat Kebumen. (Foto: Istimewa)

DUA jam lebih perjalanan menyusuri Goa Barat Kebumen. Cukup melelahkan. Pertama kali gua ngeliat sungai yang ngalir di bawah tanah, bukan sungai kecil! Ini beneran sungai. Banyak titik yang bikin kami terpaksa kudu berenang karna kedalaman sungai lebih dari 2 meter.

Lebih takjub lagi setelah 2 jam lebih jalan, kami sampai di air terjun superman’s big sister (emang beneran itu namanya). Air terjun dengan ketinggian 32 m di bawah tanah. Edan, berasa ngelewatin rute bawah tanah film journey to center of the earth.

Bacaan Lainnya

Pertanyaannya, apakah saya merekomendasikan tempat ini?

Jawabannya, iya!

Kalimat di atas testimoni komedian, komika, Youtuber yang juga pecinta alam Dzawin Nur Ikram atau biasa dipanggil Dzawin melalui akun Instagram @dzawin_nur. Narasi tersebut melengkapi sebuah foto bergambar dirinya duduk sembari melihat ke arah air terjun di bawah tanah yang ada di Goa Barat.

Dua hari diunggah, sampai Minggu 22 Mei 2022 malam,  postingan Goa Barat tersebut sudah disukai hampir 50.000 orang.

Goa Barat Simpan Keindahan di Kegelapan

Goa Barat Kebumen
Air terjun dan sungai di bawah tanah di Goa Barat. Sumber Foto: Instagram @anggaaaaar

Ya, Kebumen bukan hanya memiliki keindahan landscape yang bisa disaksikan dari permukaan bumi. Sebagai kawasan karst, kabupaten itu juga menyimpan berbagai keindahan yang terletak di bawah tanah. Keindahan itu tidak lain tersimpan di tengah kegelapan abadi yakni di dalam goa.

Pos terkait