Wabup Kebumen Arif Sugiyanto Kurban 15 Ekor Sapi

  • Whatsapp
Wabup Arif Sugiyanto menyerahkan hewan kurban untuk Masjid Agung Kebumen. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)
Wabup Arif Sugiyanto menyerahkan hewan kurban untuk Masjid Agung Kebumen. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pada hari raya Idul Adha 1441 H, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH kembali melaksanakan kurban. Kali ini orang nomor dua di jajaran Pemkab Kebumen itu berkurban sebanyak 15 ekor sapi.

Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 12 ekor sapi. Hewan kurban didistribusikan antara lain ke Masjid Agung Kebumen, Rumah Tahanan Kelas II B Kebumen, Rumah Dinas Wabup, dan Pesantren Tathmainul Qulub Tamanwinangun.

Berita Lainnya

Penyerahan hewan kurban untuk Masjid Agung Kebumen secara simbolis dilaksanakan di halaman Rumdin Wabup Kebumen, Kamis, 30 Juli 2020. Sapi diterima oleh Ketua Bidang Kemasjidan, Yayasan Masjid Agung Kauman Kebumen KH Moh Dawamuddin Masdar.

Sapi Dibeli Menggunakan Uang Pribadi

Wabup Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa sapi-sapi tersebut dibeli dengan dana pribadi alias tidak menggunakan anggaran negara. Selain itu, memastikan hewan korban yang terdistribusi tersebut terbebas dari penyakit dan telah dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Tentunya sudah kami cek kondisinya, sudah ada surat sehat dari dinas terkait,” jelasnya.

Bagi Arif Sugiyanto para hari raya Idul Adha 1441 bersamaan dengan masa pandemi dapat diambil hikmah untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, ikhlas dan lebih mengenal sesama.

“Pandemi Covid-19 ini benar-benar mengurung kita di dalam rumah. Sebagai makhluk sosial, ini sangat tidak nyaman. Untuk itu saat ini kita mulai bersosial kembali dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Arif Sugiyanto.

Masjid Agung Kebumen Potong Tiga Ekor Sapi

Arif mengimbau pada pelaksanaan Sholat Ied maupun prosesi pemotongan hewan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebumen menunjukan tren peningkatan.

“Patut diperhatikan dan tidak dilupakan mengenai protokol kesehatan pada Idul Adha tahun ini karena Kebumen secara grafik meningkat dan bisa disebut terjadi gelombang kedua,” terangnya.

Ketua Bidang Kemasjidan, Yayasan Masjid Agung Kauman Kebumen KH Moh Dawamuddin Masdar menyampaikan bahwa Masjid Agung menyembelih tiga ekor sapi yang merupakan qurban dari Wabup Kebumen, Kapolres Kebumen, dan Ir H Din Din Solahudin. Adapun pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan oleh takmir di rumah pemotongan hewan (RPH) Kalirejo.

“Langsung digarap di sana jadi ketika selesai tinggal didistribusikan. Hal ini untuk menghindari kerumunan warga,” ujar Dawamuddin.

Kurban Ibadah yang Memiliki Dampak Sosial
Wabup Arif Sugiyanto saat penyerahan sapi kurban. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)
Wabup Arif Sugiyanto saat penyerahan sapi kurban. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Masjid Agung Kauman juga tetap menggelar sholat ied dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Imam oleh KH Agus Fikri dan khatib oleh KH Nashirudin al Mansur (mantan Bupati Kebumen).

Kiai Dawam yang juga Ketua PCNU Kebumen menyampaikan bahwa hari Raya Idul Adha merupakan momentum untuk memupuk hubungan vertikal dan horisontal dalam arti mendekatkan hubungan kepada Allah SWT dan kepada manusia. Kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki dampak sosial.

“Selain ibadah mahdloh mari kira perbanyak ibadah sosial,” ujarnya. (smn)

Berita Terkait