Ada Kiprah Mereka di Balik Moncernya Objek Wisata Pentulu Indah

  • Whatsapp
Bukit Pentulu Indah. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KARANGSAMBUNG (KebumenUdpdate.com) –  Desa/Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen layak menjadi contoh sukses para pemuda memajukan desa. Melalui Karangtaruna Gatra Karsa, mereka berhasil menggali dan mengembangkan potensi desa menjadi sebuah produk unggulan.

Sejak 2015 para pemuda  mengembangkan Bukit Pentulu Indah di Dukuh Dakah menjadi daya tarik wisata. Dengan menggandeng 76 Heppii Community melalui Program Karangtaruna Membangun Desa muncul gagasan dan ide kreatif mengemas Bukit Pentulu Indah menjadi magnet bagi wisatawan.

Berita Lainnya

Baca Juga: Agar Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong Jadi UNESCO Global Geopark, Hanya Ini yang Dibutuhkan

Ketua Karangtaruna Gatra Karsa Sutasor menjelaskan, dengan dukungan 76 Heppii Community  pertama kali pihaknya membangun gapura pintu masuk dan mendirikan rumah pohon yang difungsikan sebagai gardu pandang. Bahkan lounchingnya menghadirkan penyanyi ibu kota dengan dihadiri ribuan orang.

“Sejak saat itu, nama Pentulu Indah semakin dikenal masyarakat sampai sekarang ini,” ujar Sutasor didampingi pengurus Karangtaruna Adi Primanto dan pengurus lain.

Pariwisata Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Kepala Desa Karangsambung Sentot Kusworo foto bersama anggota Karangtaruna dan 76 Happii Community. Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Setelah lima tahun berjalan, banyak kemajuan terjadi di Desa Karangsambung. Perhatian pemerintah makin meningkat seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung. Akses jalan desa yang dahulu sangat buruk sekarang mulus.

Keberadaan objek wisata membuka peluang ekonomi bagi warga desa dengan menjadi pedagang maupun petugas dan pengelola. Begitu juga dampak sosial cukup positif bagi pemuda dan warga Desa Karangsambung.

“Kami terus belajar, berbenah dan berinovasi agar Desa Karangsambung akan semakin berkembang,” ujarnya.

Gali Potensi Desa Melalui Program Karangtaruna Membangun Desa

Rumah pohon yang dijadikan tempat favorit untuk menikmati panorama alam. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Kepala Desa Karangambung Sentot Kusworo berterima kasih kepada 76 Heppii Community yang turut mendukung pembangunan Desa Karangsambung. Saat ini nama Karangsambung tidak hanya dikenal secara nasional tetapi mendunia.

“Dia berharap 76 Heppii Community akan terus mendukung Desa Karangsambung mengangkat potensi dan memberdayakan masyarakat,” ujar  Sentot Kusworo.

Tasdik dari 76 Heppii Community menyampaikan bahwa Pentulu Indah merupakan mitra pertama dari 76 Heppii Community. Program itu berkembang secara baik di 20 desa seperti di Kecamatan Ayah, Klirong, Pejagoan, Karanganyar dan Karanggayam.

“Kami melakukan kolaborasi dengan komunitas pemuda untuk menggali potensi desa yang dimiliki baik wisata, olahraga, kerajinan, hingga home industri,” ujarnya.

Bukit Pentulu Indah Makin Diminati Wisatawan

Kepala Desa Karangsambung Sentot Kusworo foto bersama anggota Karangtaruna dan 76 Happii Community. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Sementara itu, Pentulu Indah semakin diminati wisatawan. Selain menikmati keindahan alam perbukitan, pengunjung juga bisa mencoba berbagai wahana permainan seperti flying fox, motocross mini, ATV,  dan paint ball. Penggemar fotografi juga disediakan wahana rumah pohon, istana hammock, rumah hobbit, lorong cinta dengan tarif murah meriah.

Baca Juga: PT KAI Sediakan Gerbong Sepeda, Kebumen Dilirik Wisatawan Gowes

Objek wisata ini cukup representative untuk gathering perusahan maupun instansi pemerintah karena dilengkapi gazebo/aula, panggung, termasuk menyewakan sound room.

Dengan ditetapkannya Geopark Karangsambung Karangbolong sebagai geopark nasional, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Karangsambung.  Wisatawan juga bisa belajar  geologi di sejumlah geosites di Karangsambung.

“Jutaan tahun silam perbukitan Karangsambung merupakan lantai samudera purba yang tersingkap ke permukaan,” kata Adi Primanto.  (ndo)

Berita Terkait