Begini Wajah Baru Resepsi Pernikahan di Era New Normal

  • Whatsapp
Kedua mempelai mengenakan masker dan face shield. (Foto: Istimewa)
Kedua mempelai mengenakan masker dan face shield. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Himpunan Penyelenggara Pernikahan Kebumen (HPPK) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen melaksanakan simulasi resepsi pernikahan, Minggu 28 Juni 2020.

Acara berlangsung di Gedung Pertemuan Setda Kebumen dan disiarkan langsung Ratih TV, televisi milik Pemkab Kebumen. Pelaksanaan pernikahan mulai dari akad nikah hingga resepsi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berita Lainnya

Seluruh Panitia dan Tamu Undnagan Wajib Memakai Masker
Para tamu undangan wajib mengenakan masker. (Foto: Istimewa)
Para tamu undangan wajib mengenakan masker. (Foto: Istimewa)

Seperti cuci tangan sebelum memasuki gedung atau menggunakan hand sanitizer, tamu undangan dan seluruh hadirin wajib mengenakan masker, pengaturan jarak tamu undangan, pembatasan waktu dan jumlah tamu undangan di dalam gedung.

Ketua Himpunan Penyelenggara Pernikahan Kebumen (HPPK) Rozaaq Abdillah menyampaikan terimakasih kepada vendor yang secara bergotong-royong mensukseskan acara simulasi. Meski diselenggarakan secara swadaya, gelaran simulasi berlangsung megah.

Mengatur Giliran Tamu Undangan di Resepsi Pernikahan
Para tamu undangan tetap menjaga jarak.  (Foto: Istimewa)
Para tamu undangan tetap menjaga jarak. (Foto: Istimewa)

Rozaaq mengakui, dari simulasi tersebut hal tersulit dalam resepsi pernikahan dengan protokol kesehatan adalah mengatur giliran tamu undangan. Karena kapasitas gedung dibatasi, jadi yang tersulit itu saat mengatur banyaknya tamu undangan ke dalam venue atau tempat resepsi.

“Jadi kami siapkan ruang tunggu,” ujar Rozaaq owner Balakosa Dekorasi tersebut.

Selain dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, turut hadir mengawal simulasi pernikahan dengan protokol kesehatan ini, Asosiasi Pekerja Dekorasi Indonesia (Aspedi), Himpunan Pengusaha Penata Acara Pernikahan (Hastana), serta sejumlah OPD di Kebumen seperti Dishub, Diskominfo dan BPBD Kebumen.

Resepsi Pernikahan Diizinkan dengan Mematuhi Protokol Kesehatan
Tamu undangan memberi ucapan selamat tanpa bersalaman. (Foto: Istimewa)
Tamu undangan memberi ucapan selamat tanpa bersalaman. (Foto: Istimewa)

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyampaikan bahwa simulasi ini digelar untuk mengedukasi masyarakat maupun penyelenggara pernikahan terkait penerapan protokol kesehatan dalam resepsi pernikahan. Pihaknya berharap setelah simulasi dilaksanakan dan dievaluasi, masyarakat segera bisa melangsungkan resepsi pernikahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang disimulasikan.

“Ini adalah bagian dari edukasi kepada masyarakat bagaimana melaksanakan resepsi pernikahan maupun kegiatan yang lain dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Yazid.

Virus Corona Tidak Hilang,  Roda Ekonomi Harus Berputar
Pasangan pengantin dan orang tua memakai masker. (Foto: Istimewa)
Pasangan pengantin dan orang tua memakai masker dan jaga jarak saat foto bersama . (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut Yazid Mahfudz menambahkan, Kebumen saat ini sedang berada di pra new normal. Selain pernikahan, sebelumnya Pemkab Kebumen juga telah menyelenggarakan simulasi pertunjukan seni, Sabtu 27 Juni 2020 malam.

“Virus Corona ini tidak akan hilang, tapi roda ekonomi juga harus kembali berputar. Ini dua hal yang harus kita sikapi bersama,” imbuh Yazid Mahfudz. (ndo)

Berita Terkait