Menteri KUKM & Bupati Kebumen Kunjungi Geopark Karangsambung Karangbolong

Menteri KUKM dan Bupati Kebumen mendengarkan penjelasan peneliti BRIN Karangsambung tentang batuan yang ada di Geopark Karangsambung Karangbolong. (Foto: istimewa)

KARANGSAMBUNG (KebumenUpdate.com) – Setelah pada malam sebelumnya meresmikan Opening Ceremony Kebumen International Expo (KIE), Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengunjungi Kampus Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Geopark Karangsambung Karangbolong pada Minggu, 26 Juni 2022.

Tampak mendampingi Menkop UKM, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Indra Riswadinata selaku Kepala Satker BRIN Karangsambung, dan peneliti BRIN Chusni Anshori yang menjelaskan secara singkat mengenai jenis-jenis batuan yang ada di halaman BRIN Karangsambung.

Bacaan Lainnya

Baca juga: GKKYF Eksplore Geosite Karangsambung, Kenali Keunikan Batuan

Kunjungan dilanjutkan ke salah satu Geosite dengan kode (KKG-19) yakni Bukit Pentulu Indah. Rombongan Menteri KUKM yang didampingi Bupati Kebumen serta peneliti BRIN Karangsambung kemudian beristirahat di saung yang berada di tengah-tengah hutan pinus tersebut.

“Saya kira Geopark Karangsambung bukan hanya penting bagi kegiatan penelitian saja, tapi juga menjadi potensi wisata alam yang luar biasa. Kalau di Banyuwangi hanya ada satu api biru, di sini (Kebumen) lebih dahsyat lagi. Saya kira kalau dikelola dengan baik, akan banyak orang datang ke sini,” kata Menteri KUKM Teten Masduki.

Menteri KUKM, Bupati Kebumen, peneliti BRIN Karangsambung berfoto bersama di Wisata Bukit Pentulu Indah. (Foto: istimewa)

Rangkaian Kegiatan di KIE 2022

Beberapa kegiatan yang ada di KIE di antaranya pelepasan tukik di Kawasan Pantai Kaliratu Desa Jogosimo Kecamatan Klirong. Ada juga sosialisasi kecintaan produk dalam negeri kepada generasi muda, tedhak siten, fashion show anak berkebutuhan khusus, dan seminar tentang penanganan stunting.

Baca juga: Tarian Among Hyun Warnai Opening Ceremony Kebumen International Expo (KIE) 2022

Di hari selanjutnya akan ada kegiatan yang menarik seperti festival kuliner sate, Grand Final Duta Pelajar Anti Narkoba, Parade Mbatik Jagad, Lomba Ebleg, Festival Budaya dan Kuliner, Geo bike dengan menyusuri lokasi Geopark Karangsambung Karangbolong, Pesona Wisata City Tour dan Desa Wisata.

Ditambah penampilan para musisi nasional yakni Sammy Simorangkir, Kotak, Padi Reborn, D’Masiv dan Rayen Pono (Ex Pasto), H Rhoma Irama dan Soneta Grup, Amy Search, Kebumen Bersholawat Gus Azmi Syubbanul Muslimin, Band Gigi, dan Iwan Fals.

Pos terkait