Tarian Among Hyun Warnai Opening Ceremony Kebumen International Expo (KIE) 2022

Flashmob Tarian Among Hyun dari siswa-siswi SMP di Kebumen. (Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Opening Ceremony Kebumen Internasional Expo (KIE) 2022 berlangsung di panggung utama Alun-alun Kebumen pada Sabtu malam, 25 Juni 2022. Diawali dengan flashmob tarian Among Hyun, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Kebumen, pembacaan doa, pesta kembang api, dan penampilan dari Sammy Simorangkir.

Gelaran KIE 2022 mengambil tema “Napak Kabumian, Nggayuh Kayangan” dimaksudkan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk mengeksplorasi seluruh potensi daerah dan mewujudkan Kebumen yang Sejahtera Mandiri, Berakhlak bersama Rakyat (SEMARAK) sesuai dengan visi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Bagaimana Cara Membeli Tiket KIE? Seperti Ini Alurnya

Hadir Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, Wakil Ketua BPK RI Joko Pramono, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Fajriah Usman, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, serta bupati/walikota se-Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Pemukulan gong oleh Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki sebagai tanda dibukan gelaran KIE. (Foto: Hari)

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen mengatakan dengan adanya Bandara YIA yang dekat dengan Kebumen, pariwisata harus dipersiapkan. Apalagi dengan adanya Geopark Karangsambung Karangbolong. Menurutnya, sebelum pandemi ada kurang lebih 3000 mahasiswa yang belajar mengenai bebatuan yang ada di Kabupaten Kebumen.

“Dari pukul 9.00-15.00 WIB, pengunjung sudah 9.135 orang. Menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias,” kata Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Sementara itu Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, mengatakan gelaran KIE merupakan terobosan yang baik untuk menggerakkan perekonomian Kebumen ke pasar global. Juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kebumen, karena tourism salah satu solusi untuk menggerakkan perekonomian.

“Kegiatan ini diharapkan menambah jumlah UMKM dalam sistem digital. Dengan target di tahun 2024 sebanyak 30jt UMKM yang terhubung ke ekosistem digital. Juga menambah jumlah belanja barang dan jasa pemerintah untuk produk UMKM,” kata Teten Masduki.

Secara umum kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Trade, Tourism, Investment, yang dikemas secara berbeda sehingga punya nilai tambah. Artinya Expo ini akan banyak menampilkan produk, layanan serta pertunjukan seni kebudayaan daerah, sekaligus konser musik papan atas, bahkan sampai didatangkan dari luar negeri. Ada harapan besar bahwa nantinya investasi bakal masuk ke Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menargetkan KIE bakal menyerap 120 ribu pengunjung dan mendatangkan investasi 100 miliar.

“KIE ini disponsori oleh Pertamina. Jadi kegiatan ini memang dari masyarakat untuk masyarakat. Ini adalah pesta rakyat warga Kebumen,” ujar Bupati.

Pos terkait