Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, Pelatihan Audit Kematian Digelar di Kebumen

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Penguatan strategi penurunan kasus kematian ibu dan anak melalui audit kematian dan rekomendasi bersumber dari aplikasi Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) di Kabupaten Kebumen bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam melakukan audit kematian ibu dan anak.

Baca Juga: Bidan Wajib Miliki Skill Mumpuni Tangani Obstetri dan Neonatal Emergency

Bacaan Lainnya

Penerapan audit kematian melalui aplikasi MPDN ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi digital, proses pengumpulan dan analisis data menjadi lebih efisien, sehingga upaya penanggulangan dapat dilakukan dengan lebih tepat dan efektif.

Pada tahun 2023 Kabupaten Kebumen menyumbang 15 kematian ibu dan 203 bayi. Melalui audit kematian, diharapkan dapat diidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kematian ibu dan anak, sehingga langkah-langkah pencegahan yang tepat dapat diambil.

Pelatihan Diikuti Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi  dan Dokter Spesialis Anak 

Peserta pelatihan yang digelar Rabu  29 Mei 2024, terdiri dari perwakilan dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dan dokter spesialis anak dari rumah sakit di seluruh Kabupaten Kebumen. Para peserta  mendapatkan materi pelatihan yang komprehensif tentang berbagai aspek mengenai AMP-SR. Materi ini disampaikan oleh dr Marta Isyana Dewi SpOG dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Banyumas, meliputi definisi dan tujuan audit, metodologi pelaksanaan audit, analisis hasil audit hingga penyusunan rekomendasi “SMART”.

Pos terkait