Para Istri Karyawan Perhutani KPH Kedu Selatan Berlatih Bikin Ecoprint

Ecoprint
Hasil pelatihan ecoprint para istri karyawan Perhutani. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menggelar pelatihan ecoprint bersama dengan Ikatan Istri-istri Karyawan Perhutani (IIKP), Sabtu  25 Juni 2022. Pelatihan yang berlangsung di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebumen itu dalam rangka memeriahkan Kebumen International Expo (KIE).

Peserta pelatihan terdiri atas para istri karyawan Perhutani KPH Kedu Selatan kurang lebih 52 orang. Mereka berasal dari Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara dan Wonosobo. Pelatihan ini menghasilkan 16 lembar kain ecoprint yang siap jual.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: KKN UNS Kenalkan Ecoprint sebagai Pemberdayaan Ibu-ibu PKK

Administratur KPH Kedu Selatan melalui Asper/Kepala BKPH Kebumen Ari Kurniawan menjelaskan bahwa hasil lelang kain ecoprint nantinya 50 persen akan disumbangkan untuk Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Rimba Purworejo.

“Kami beharap bekal keterampilan ini akan bermanfaat bagi ibu-ibu semua dalam ikut membantu perekonomian keluarga,” ujar Ari Kurniawan di sela-sela acara.

Bekal Berwirausaha
Ecoprint
Pelatihan ecoprint istri karyawan Perhutani. (Foto: Istimewa)

Pelatihan ecoprint menghadirkan narasumber dari Lembaga Nyi Kenzy Ecoprint Kelurahan Panjer Kebumen, Ken Asri. Ken Asri menyampaikan bahwa kegiatan itu bertujuan menularkan keterampilan membuat ecoprint pada masyarakat.

“Harapannya dengan pelatihan ini, ibu-ibu mendapatkan bekal untuk berwirausaha. Apalagi biaya pembuatan ecoprint relatif murah karena hanya menggunakan bahan-bahan dari alam,” tambahnya.

Pos terkait