Kodim 0709 Kebumen Tingkatkan Kemampuan Apkopwil Agar Cakap Bermedia Sosial

Kodim 0709 Kebumen Tingkatkan Kemampuan Apkopwil
Dian PD dari Bidang IKP, Dinas Kominfo memaparkan materi. (Foto: Dok. Pendim 0709/kbm)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – TNI yang bertugas di wilayah tidak hanya dituntut kompeten di bidang kemasyarakatan. Di era digital seperti sekarang ini, untuk mendukung pelaksanaan tugasnya personel TNI juga harus memahami dunia digital termasuk cakap dalam bermedia sosial.

Atas dasar itulah Kodim 0709/Kebumen menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) Tersebar Tahun Anggaran 2023. Kegiatan berlangsung di Aula Makodim 0709/Kebumen di Jalan Lingkar Selatan Kebumen, Senin 11 September 2023.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol CZi Ardianta Purwandhana SHub Int MHan. Hadir pula Kasiter Korem 072/Pamungkas Kolonel Kav Agus Waluyo SIP.

Baca Juga: Kodim 0709 Kebumen Gelar Komsos dengan Aparat Pemerintah, Tumbuhkan Kepedulian dan Kepekaan Sosial

Kegiatan yang diikuti para Danramil dan Babinsa di jajaran Kodim 0709 Kebumen itu menghadirkan narasumber Dian PD, social media specialist dari Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kebumen.

Dalam kesempatan itu, Dian PD menyampaikan bahwa sebagian besar orang saat ini menggunakan media sosial  (medsos) untuk beragam kepentingan.

Peningkatan Literasi Pengguna Media Sosial

Perilaku para penggunanya pun beragam, dari mulai yang menjadikan medsos sebagai hiburan dan penghilang kejenuhan, hingga menjadikan medsos sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu. Dian juga menekankan pentingnya dalam mengelola emosi saat menggunakan medsos.

“Jangan mudah terpancing, jarimu adalah nasibmu. Jangan sampai narasi atau kalimat yang kita tulis di medsos membawa kita pada hal-hal buruk,” jelas Dian sekaligus mengulas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang perlu dipahami.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Kebumen, Pemkab Adakan Apel Gelar Pasukan

Dian menjabarkan banyaknya kasus yang bermula dari unggahan dan komentar di media sosial. Menurutnya saat ini perkembangan digital masih perlu didukung dengan peningkatan literasi yang dimiliki para pengguna medsos.

“Ujaran kebencian, berita bohong atau hoaks adalah beberapa yang masuk dalam UU ITE. Jangan sampai kita yang semestinya menjadi contoh masyarakat justru terjerat karena komentar atau unggahan yang kita buat,” tandas Dian PD.

Pos terkait