Mengenang Jenderal Pramono Edhie Wibowo di Benteng Van der Wijck Gombong

Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Benteng Van der Wijck Gombong. (Foto: Istimewa)

Sapu Mushola Hingga Titip Dua Pesan Khusus  

GOMBONG (KebumenUpdate.com) – Benteng Van der Wijck Gombong tak sekadar bangunan bersejarah karena peninggalan kolonial Belanda. Bangunan ini juga menyimpan banyak kenangan bagi banyak orang, termasuk para tokoh TNI.

Banyak jenderal TNI yang menginap di hotel kompleks Benteng Van der Wijck, utamanya saat kunjungan ke Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam IV Diponegoro.

Bacaan Lainnya

Seperti disampaikan oleh pengelola obyek wisata sejarah dan keluarga Benteng Van der Wijck Herwin Kunadi SH yang memiliki banyak kenangan dengan para jenderal di benteng tersebut.

Baca Juga: 5 Film Ini Syuting di Benteng Van der Wijck Gombong, Nomor 5 Tayang Akhir 2023

Salah satu kenangan kenangan khusus yang dia tak akan lupa adalah kepada almarhum Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

“Beliau merupakan seorang Jenderal yang sangat ramah dengan siapa saja. Termasuk masyarakat Kebumen,” ujar Herwin Kunadi, baru-baru ini.

Maka saat menerima kabar meninggalnya putra dari Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo pada 13 Juni 2020 silam, Herwin benar-benar merasakan kehilangan. Sebab ipar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut meninggalkan banyak kenangan.

Menyapu Mushola Hingga bagikan Uang kepada Tukang Parkir 

Herwin menyampaikan kenangannya bertemu dengan Sang Jenderal saat menjabat sebagai Kapala Staf Kodam IV Diponegoro tersebut. Saat itu Almarhum sempat beberapa hari menginap di Hotel Benteng Van der Wijck Gombong.

“Saya ingat saat menjabat Kasdam IV Diponegoro dengan pangkat Brigjen TNI, beliau sempat menyapu Mushola Benteng Van der Wijck. Bahkan beliau meminta saya membagikan sejumlah uang kepada para tukang becak, tukang parkir dan tukang sapu tenaga harian yang ada di luar dan sekitar Benteng. Jumlahnya cukup lumayan banyak,” katanya.

Pos terkait