Rilis “Dont Give Up” Ras Inggi Musisi Reggae Asal Kebumen Awali Debut Internasional

  • Whatsapp
Dont Give Up
Dont Give Up

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Musisi reggae asal Kebumen, Jawa Tengah Ras Inggi memulai debutnya di kancah internasional. Untuk pertama kali Ras Inggi berkolaborasi dengan musisi-musisi reggae mancanegara.

Setelah sukses merilis lagu reggae bernuansa religi pada awal tahun 2021, Ras Inggi kembali menyuguhkan karya musik barunya. Rencananya Jumat 11 Juni 2021, Ras Inggi kembali merilis lagu berjudul Dont Give Up yang berkolaborasi dengan tiga musisi dunia sekaligus.

Berita Lainnya

Di lagu tersebut, musisi muda Indonesia itu menggandeng Iakopo dari Amerika Serikat yang populer dengan lagunya Stay, Joe Tella Garrison dari Jamaika dan One Diva dari Kanada sebagai rekan kolaborasinya. Dont Give Up akan resmi rilis dengan Joe Tella Garrison dari Jamaika selaku produser.

Terkait kolaborasi internasional itu, Ras Inggi menuturkan bahwa dia dihubungi oleh Joe Tella Garrison pada awal Januari 2021 untuk menggarap sebuah project musik dengan menggandeng Iakopo dan One Diva. Akhirnya tercetuslah untuk memproduksi sebuah lagu berjudul Dont Give Up, mengingat kondisi dunia sekarang ini yang sedang tidak baik-baik saja.

“Ini juga bentuk do’a dan harapan. Kami berharap Dont Give Up bisa membawa perubahan dan membawa kebaikan bagi semua makhluk,” terang Ras Inggi yang sebelum sukses meluncurkan lagu Never Give Up dan Yeshua pada Januari lalu.

Angkat Falsafah Jawa

Single ini dalam liriknya bercerita tentang perjuangan dan harapan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dalam bertahan dari hempasan gelombang kehidupan. Dalam single ini, Ras Inggi juga menyelipkan beberapa serat falsafah Jawa yang berbunyi “Kawula mung saderma, mobah mosik kersaning hyang sukmo“. Artinya “Lakukan yang menjadi tugas manusia, selebihnya serahkan kepada Tuhan”.

“Ini adalah keyakinan terhadap nilai-nilai luhur yang semestinya dipegang. Dalam situasi dan kondisi terpuruk, kita mungkin bisa mengalami dilema untuk menentukan pilihan. Pilihan melangkah dengan bijak atau justru melangkah dengan kebodohan karena menyerah pada keadaan. Tapi apapun itu, sudah selayaknya kita tetap berdiri kokoh saat gelombang datang. Intinya jangan pernah menyerah, karena ada babak kedua dalam kehidupan,” tambah Ras Inggi sebagai salah satu song writer di lagu ini ketika menggambarkan lagu Dont Give Up”. (smn)

Berita Terkait