Sat Resnarkoba Polres Kebumen Jalankan Test Urine untuk Pengunjung dan Karyawan Cafe Karaoke

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Test urine dijalankan oleh Sat Resnarkoba Polres Kebumen kepada para karyawan dan pengunjung di dua cafe karaoke yang ada di wilayah Kebumen, Rabu 27 Desember 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasat Resnarkoba AKP Khusen Martono menjelaskan bahwa total ada 23 sample yang dilakukan test urine. Dari 23 sampel, semua hasilnya negatif dari kandungan amfetamin. Artinya semua bebas narkoba.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Peredaran Narkotika Merambah Desa, Residivis Ditangkap Sat Resnarkoba Polres Kebumen

Menurut AKP Khusen, test urine yang dilakukan Sat Resnarkoba dengan melibatkan Sat Samapta Polres Kebumen sebagai operasi cipta kondisi menjelang perayaan pergantian tahun. Meski dilakukan menjelang pergantian tahun, menurutnya kegiatan test urine juga akan dilakukan berkala oleh Sat Resnarkoba.

“Pengecekan ataupun test urine bukan kali ini saja. Sebelumnya kami juga melakukan (test urine), ke depan juga akan kami lakukan secara berkala,” kata AKP Khusen.

Diawasi Ketat

Selama test urine, para sampling diawasi ketat oleh petugas saat menuangkan urine. Petugas menjaga di depan pintu kamar mandi agar tidak terjadi kecurangan. Hasil test urine bisa langsung keluar kurang lebih 1 menit saat dilakukan pengujian oleh petugas.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Sat Resnarkoba Polres Kebumen, di tahun 2023 telah menangani 38 kasus dengan total 47 tersangka.

Angka ini termasuk tinggi dan harus ditangani secara serius. Bahkan hingga penghujung tahun 2023, pencanangan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) masih digalakan Polres Kebumen. Melalui kegiatan itu, masyarakat diberikan pemahaman bahaya narkoba dan menyatakan perang terhadap narkoba.

Pos terkait