Program 1 Juta Ayam Berdampak Positif, H Yulianto Lanjutkan Bagi-bagi Ribuan Bibit Ayam

Program 1 Juta Ayam
H Yulianto SE foto bersama dengan warga penerima bantuan bibit ayam. (Foto: Padmo)

AMBAL (KebumenUpdate.com) – Program 1 juta ayam yang digagas oleh H Yulianto SE, pengusaha asal Desa Benerwetan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen cukup berdampak positif bagi masyarakat.

Jika awalnya program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ayam itu hanya di tiga desa yakni Desa Gondanglegi, Desa Ambalkebrek, dan Entak, saat ini cakupan bantuan bibit ayam meluas di seluruh desa di Kecamatan Ambal.

Bacaan Lainnya

Pengusaha yang kini menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kebumen dari PDI Perjuangan tersebut terus memberikan bantuan bibit ayam dan kandang kepada masyarakat.

Baca Juga: H Yulianto SE Berdayakan Masyarakat Melalui Program 1 Juta Ayam, Begini Realisasinya

Seperti terlihat, Sabtu 25 November 2023 dari 40 orang yang terkonfirmasi hadir menerima bantuan ayam, ternyata  di lapangan sekitar 280 warga yang memadati pendopo rumah Yulianto di Desa Benerwetan. Mereka siap membudidayakan ayam dan menerima bantuan bibit ayam beserta kandangnya.

Dalam kesempatan itu, warga yang datang dari sejumlah desa di Kecamatan Ambal selain mendapatkan motivasi berwirausaha, juga mendapatkan pembekalan teknis beternak ayam yang baik dan benar.

Rasio Keberhasilan Budidaya Ayam Capai 90 %
Program 1 Juta Ayam
Pemberian bantuan bibit ayam dan kandang secara simbolis. (Foto: Padmo)

H Yulianto SE mengatakan bahwa pada tahap awal, setiap warga menerima bantuan  bibit ayam atau Day Old Chicken (DOC) sebanyak 25 ekor beserta kandang dari bambu. Apabila dalam dua minggu angka kematian di bawah 5 persen mereka akan mendapatkan bantuan lagi 25 ekor ayam.

Jika dalam satu bulan angka mortalitas di bawah 5 persen akan diberikan lagi bantuan sampai 100 ekor.

“Jika sudah memilihara 100 ekor, insyaAllah dalam keluarga itu sudah bisa memutar. Jika 100 ekor dijalankan konsisten secara siklus, penghasilan perbulan kurang lebih Rp 700.000 sampai Rp 800.000,” ujarnya.

Pos terkait