Pelipatan Surat Suara, Terapkan Prokes Secara Ketat

  • Whatsapp
Surat Suara
Petugas melakukan pelipatan surat suara dengan mengenakan masker. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen, Kamis 19 November 2020 mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020. Pelipatan surat suara seluruhnya dilakukan di sekretariat KPU Kebumen, Jalan Arungbinang.

Ketua KPU Yulianto menjelaskan pelaksanaan pelipatan surat suara mendapatkan pengawasan penuh. Setiap harinya ada lima sampai delapan orang petugas yang mengerjakan proses pelipatan. Seluruh petugas telah menjalani rapid test.

Berita Lainnya

“Petugas telah menjalani rapid test jadi semua dipastikan dalam keadaan sehat,” jelas Ketua KPU Kebumen Yulianto.

Seluruh Petugas Mengenakan Masker

Adapun proses pelipatan, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh petugas mengenakan masker dan secara berkala melakukan cuci tangan serta dilakukan physical distancing saat proses pelipatan.

“Pelipatan surat suara kami targetkan tujuh kecamatan bisa rampung dalam dua hari,” tambah Yulianto.

Adapun pada hari perdana ini, pelipatan surat suara diawali tujuh kecamatan meliputi Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno dan Kutowinangun. Kemudian Kecamatan Prembun, Padureso, Bonorowo, Buluspesantren, Ambal, Mirit dan Sruweng, akan dilaksanakan mulai, Sabtu-Minggu  21-22 November 2020.

Distribusi Logistik Sesuai Jadwal

Selanjutnya pelipatan surat suara untuk Kecamatan Karanganyar, Karanggayam, Adimulyo, Kirong, Petanahan dan Puring akan dilaksanakan mulai, Senin-Selasa 23-24 November 2020. Berikutnya Kecamatan Kuwarasan, Gombong, Sempor, Rowokele, Buayan dan Ayah dijadwalkan mulai, Rabu-Kamis  25-26 November 2020.

Terkait dengan distribusi logistik, Yulianto menambahkan bahwa semua logistik akan didistribusikan sesuai jadwal. Distribusi alat pengaman diri (APD) telah dilakukan mulai 16 November 2020 dan akan dilakukan secara bertahap.

“Sedangkan untuk logistik TPS mulai didistribusikan ke PPS sejak H-5 atau pada 4 Desember 2020 mendatang,” katanya Yulianto. (smn)

Berita Terkait