114 Ibu Hamil di Alian Ikuti Vaksin Covid-19

Ibu Hamil
Ibu hamil menunggu vaksinasi di Puskesmas Alian. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Sebanyak 114 ibu hamil di Kecamatan Alian, Kabumen mendapatkan giliran vaksin Covid-19, Jumat 3 September 2021. Polsek Alian mendampingi pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Puskesmas Alian tersebut.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menjelaskan, Polres Kebumen siap mendukung suksesnya kegiatan vaksinasi.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan vaksinasi ini terus kita kawal, kita sukseskan,” jelas Iptu Tugiman.

Baca Juga: Jobfair – Baitul Arqam Purna Studi 2021 UNIMUGO Hadirkan Aa Gym

Ada berbagai syarat tertentu bagi ibu hamil ingin mendapat vaksinasi Covid-19. Selain batasan minimal usia kehamilan serta tidak memiliki penyakit penyerta.

Terkait mekanisme penyuntikan, sama saja seperti kategori umum lainnya. Melalui proses screening untuk melihat kondisinya dan sebagainya. Jika memenuhi syarat, baru bisa dilakukan penyuntikan vaksin.

“Tapi jika sedang sakit maka menunggu hingga sembuh,” ujarnya.

PeduliLindungi
Anggota Satlantas mensosialisasikan aplikasi PeduliLindungi. (Foto:Istimewa)

Di sisi lain, Polres Kebumen mensosialisasikan aplikasi PeduliLindungi. Sat Lantas Polres Kebumen melakukan sosialisasi di seputaran Alun-alun Kebumen dengan cara membagikan pamflet kepada masyarakat tentang aplikasi tersebut.

Aplikasi ini menjadi salah satu syarat perjalanan seluruh moda transportasi, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian di masa pandemi Covid-19. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk perlindungan diri sendiri serta orang-orang di sekitar.

Aplikasi PeduliLindungi dapat membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pengurungan (fencing) terhadap masyarakat yang diduga mengidap Covid-19.

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 di Kebumen Masih Tinggi, Ini Penyebabnya

Melalui aplikasi PeduliLindungi, orang tersebut dapat diperiksa status vaksinasinya, hasil tes Covid-19 atau apakah ada kontak eratnya dengan pasien Covid-19. PeduliLindungi merupakan aplikasi untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini bisa di-download secara gratis di Play Store atau  App Store.

“Aplikasi ini memiliki beberapa manfaat, antara lain dapat membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sederhana,” jelas Iptu Tugiman.

Pos terkait