Gangguan Jaringan Transmisi, Jateng Selatan dan DIY Gelap Tiga Jam

  • Whatsapp
Warga melintas di bawah jaringan SUTET 500 kV Pedan-Kesugihan di Kebumen. (Foto: www.ondosupriyanto.blogsot.com)
Warga melintas di bawah jaringan SUTET 500 kV Pedan-Kesugihan di Kebumen. (Foto: www.ondosupriyanto.blogsot.com)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Jawa Tengah selatan dan sebagian DI Yogyakarta gelap akibat lampu padam mulai Jumat 31 Juli 2020 pukul 23.02 WIB. Pemadaman listrik disebabkan oleh terjadinya gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Pedan-Kesugihan.

Akibat gangguan sistem jaringan transmisi tersebut belasan kabupaten terdampak. Daerah terdampak menurut informasi Tim Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jateng dan DIY meliputi Kabupatan Banyumas, Kebumen, Cilacap, Kulon Progo, Purworejo. Kemudian Temanggung, Pemalang, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo dan Kabupaten Magelang.

Berita Lainnya

Dukungan dan Komplain untuk PLN

Akibat mati lampu jelang tengah malam tersebut, warganet langsung menyerbu akun-akun PLN baik pada unit transmisi maupun distribusi. Salah satunya PLN IUD Jateng DIY @pln.jatengdiy banyak yang memberikan semangat kepada petugas PLN yang sedang melakukan recovery. Tetapi tidak sedikit yang komplain akibat mati listrik tersebut.

“Semangat rekan-rekan PLN. Bismillah… Yuk sambil sholat tahajud,” tulis @roriaas dalam kolom komentar.

Rawat Bayi Hingga Ikan Peliharaan Mati 

Sejumlah keluhan juga terlontar dari warganet mulai ada yang tengah merawat bayi, ikan peliharaan yang mati, baterai hanphone dan lilin yang habis hingga benci gelap.

“Lama gak nih matinya? Mohon infonya kalau lama mau ngungsi daripada sakit digigit nyamuk,” komentar @sandyaugust1.

Secara keseluruhan listrik padam hingga tiga jam. Berdasarkan informasi PLN, sistem kembali normal pada Sabtu 1 Agustus 2020 pada pukul 01.54 WIB. Atas ketidaknyamanan itu, PLN mohon maaf dan berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat. (ndo)

Berita Terkait