Hari Ketiga KIE: Parade Mbatik Jagad & Lomba Ebleg Tingkat SMP

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Rangkaian kegiatan dalam gelaran Kebumen International Expo (KIE) di hari ketiga, Senin, 27 Juni 2022 di antaranya Parade “Mbatik Jagad” dan Lomba Ebleg Tingkat SMP yang dimulai sejak pukul 8.00 WIB di kawasan Alun-alun Kebumen serta halaman Disdikpora.

Parade Mbatik Jagad bertujuan untuk mengembangkan dan mengenalkan kembali batik yang ada di Kabupaten Kebumen khususnya kepada peserta lomba yang merupakan pelajar SD di Kecamatan Kebumen.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Grebeg Pandan, Kawasan Pandan dan Batik Diluncurkan

Menurut Sri Suraya selaku panitia acara, peserta parade batik ini berjumlah 393 anak. Angka 393 diambil dengan alasan pada tahun ini Kabupaten Kebumen akan berulang tahun yang ke-393.

“Jumlah tersebut diambil dari 61 SD yang ada di Korwil Bidik Kecamatan Kebumen,” kata Sri Suraya.

Adapun untuk penjurian pihak panitia menyerahkan kepada pihak ketiga yang merupakan ahli batik. Nantinya dari seluruh peserta akan diambil 6 besar yang terbaik. Selanjutnya karya batik dari pelajar SD dipamerkan pada acara penutupan Kebumen International Expo 2022. Dari parade batik ini, panitia berupaya untuk mengenalkan batik sedini yg ada di Kebumen.

“Harapan kami semoga generasi muda lebih mencintai batik terutama Batik Kebumen, merasa memiliki, dan semoga orang luar akan tahu bahwa Kebumen memiliki batik sendiri. Sehingga harapan ke depan ada investor yang tertarik dengan Batik Kebumen yang mana dapat mendongkrak perekonomian,” tambah Sri Suraya yang merupakan Kepala SD Negeri Jemur.

Peserta Lomba Ebleg dari SMP N 1 Alian. (Foto: Hari)

Lomba Ebleg Tingkat SMP 

Selain Parade Mbatik Jagad, kegiatan lain yang berlangsung yaitu Lomba Ebleg Tingkat Pelajar SMP. Salah satu pendamping dari SMP N 1 Alian, Rohmat, mengatakan bahwa kesenian ebleg tidak ada dalam mata pelajaran sekolah, namun mereka bisa melakukan karena dari tingkat SD sudah pernah menampilkan.

“Persiapan dari anak-anak untuk mengikuti lomba ini kurang lebih satu minggu. Sebelumnya mereka juga telah mengikuti seleksi dan mewakili subrayon masing-masing” jelas Rohmat.

Pos terkait