Masjid Agung Kauman Semarang, Sejarah dan Desain Arsitekturnya

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang. (Foto: Dok. Eni Haryati)

SEMARANG (KebumenUpdate.com) – Di Kota Semarang terdapat beberapa masjid yang dapat dikategorikan sebagai masjid besar atau masjid agung. Pertama adalah Masjid Agung Kauman yang berada di Jalan Alun-Alun Barat No 11, Kota Semarang.

Kedua, Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di daerah Simpang Lima Semarang. Terakhir adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Gajah.

Bacaan Lainnya

Dari ketiga masjid tersebut, Masjid Agung Kauman menjadi yang paling tua karena berdiri pada pertengahan abad 16 masehi.  Masjid Kauman Semarang merupakan masjid tertua di Kota Semarang.

Masjid legendaris ini memiliki sejarah yang panjang dan masih berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Semarang. Seperti halnya pada masjid-masjid kuno di pulau Jawa, Masjid Kauman Semarang berada di pusat pemerintahan masa itu di Kanjengan dan bersebelahan dengan pusat perdagangan yaitu Pasar Johar.

Baca Juga: Ultah Pertama, Gombong Heritage Menyusuri Masjid Tua

Berdasarkan catatan sejarah dan ceria tutur, masjid agung didirikan oleh Maulana Ibnu Abdul Salim yang bergelar dengan Ki Ageng Pandan Arang. Maulana Ibnu Abdul Salim merupakan salah satu ulama besar berketurunan Arab yang ditunjuk oleh Sunan Kalijaga untuk menggantikan posisi dari Syeikh Siti Jenar yang dianggap menyimpang.

Pos terkait