Supangkat dan Bhayangkara Penjaga Nadi Bangsa

Bhayangkara
Foto jadul polisi yang sedang patroli tahun 1979. (instagram/perfectlifeid)

RABU, 29 Juli 1950, seorang Perwira Kepolisian Kebumen bernama Supangkat berangkat dari markasnya di Desa Panjatan, Karanganyar menuju kawasan Kebumen Timur. Ya, di masa awal kemerdekaan (tepatnya tahun 1947 hingga 1950) memang markas Kepolisian Kebumen terletak di Karanganyar.

Hasil perjanjian Renville, perbatasan Karanganyar Gombong menjadi pemisah wilayah Belanda dan Republik. Markas Polisi Kebumen letaknya di tepi area demiliterisasi, tak jauh dari garis status quo di Kali Kemit. Sepertinya penempatan polisi di sana terkait kebijakan PBB untuk memastikan kondusivitas daerah setempat, juga untuk memastikan –sekalipun dalam suasana perang—kehidupan ekonomi rakyat dapat tetap berjalan.

Bacaan Lainnya

Kembali ke perjalanan Supangkat. Yang dituju adalah daerah Somalangu, tepatnya markas pasukan Angkatan Oemat Islam (AOI). Hari-hari itu adalah hari yang genting. Konflik antara AOI dengan Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) semakin meruncing. Sewaktu-waktu dapat saja pecah pertempuran berdarah antar-putra bangsa.

Kepergian Supangkat ke Somalangu diharapkan dapat membuka saluran dialog antarpihak yang bersengketa. Menghindarkan perpecahan di bumi pertiwi yang baru seumur jagung.

Sayang misi Supangkat tak dapat diselesaikan. Dia ditolak masuk Somalangu. Masing-masing pihak tetap kukuh dengan pendiriannya hingga akhirnya senjata yang berbicara. Konflik AOI menjadi lembar kelam sejarah Kebumen yang bahkan sampai sekarang masih memantik berbagai tafsir dan pandangan. Andai saja Supangkat berhasil…

Sejarah Panjang Polisi Indonesia

Sejarah kepolisian Indonesia de facto sudah dimulai sejak jaman Belanda dan pendudukan Jepang. Usai proklamasi, para founding fathers POLRI, Moh. Jassin dan R. Soekanto pun sudah bergerak sigap membentuk kesatuan. Namun de jure lembar sejarah kepolisian Republik Indonesia (POLRI) baru dimulai mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. tentang pembentukan Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Pos terkait