Tiga Hektare Lahan di Desa Karangtanjung Terbakar, Ternyata Karena Puntung Rokok

Lahan Terbakar
Warga bersama polisi padamkan api. (Foto: Dok. Polres Kebumen)

ALIAN (KebumenUpdate.com) – Kebakaran terjadi di lahan yang berada di lereng bukit wilayah di Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Rabu 27 September 2023. Kebakaran tersebut menghangusakan kurang lebih 3 hektare lahan.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kapolsek Alian Iptu Awaludin menjelaskan, kebakaran lahan tersebut diduga disebabkan oleh kecerobohan seseorang yang membuang puntung rokok di sekitar tebing yang kering tersebut.

Bacaan Lainnya

“Diduga karena kelalaian pencari rumput membuang puntung rokok sembarang tempat, sehingga terjadi kebakaran,” jelas Iptu Awaludin, Kamis 28 September 2023.

Baca Juga: Sat Polairud Polres Kebumen Latihan Padamkan Kebakaran di Kapal

Menurut Iptu Awaludin, meski menggunakan alat seadanya, kebakaran bisa segera bisa dipadamkan. Butuh waktu kurang lebih 45 menit setelah tim gabungan dari Polsek Alian, Koramil Alian, dan Kecamatan Alian, serta warga setempat turun memadamkan kobaran api.

Tim gabungan menggunakan alat seadanya saat memadamkan. Belum lagi ditambah sulitnya medan membuat tim semakin tertantang.

“Kita padamkan menggunakan ranting-ranting pohon. Karena lokasinya memang susah dijangkau. Jadi kami gunakan alat seadanya,” jelasnya.

Apresiasi Kesigapan Warga

Iptu Awaludin mengapresiasi warga yang sigap melaporkan kejadian kebakaran lahan ke Polsek Alian sehingga bisa segera ditangani bersama-sama. Tidak menutup kemungkinan kebakaran lahan akan lebih meluas jika tidak segera ditangani dengan tepat.

“Di lokasi kebakaran, banyak daun jati kering. Rumput-rumput kering. Belum lagi angin di lokasi cukup kencang. Sehingga kemungkinan merambat semakin cepat sangat mungkin terjadi,” pungkasnya.

Dengan adanya peristiwa itu, Polres Kebumen mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati saat pergi ke hutan. Pastikan tidak membuat api atau membuang puntung rokok sembarang yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

Pos terkait