Perluas Cakupan Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kebumen Gandeng Disnaker UMKM

  • Whatsapp
JKN-KIS
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen Wahyu Giyanto bersama Kepala Disnaker UMKM Kebumen Siti Kharisah menunjukkan berita acara MoU. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Dalam upaya perluasan cakupan peserta Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen melakukan sinergi dengan berbagai pihak. Salah satunya kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker UMKM) Kebumen.

Rapat koordinasi dan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama digelar di Aula BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Selasa 12 Januari 2021. Hadir dalam acara itu Kepala Disnaker UMKM Kebumen Siti Kharisah beserta jajarannya, Dinas Kesehatan dan jajaran BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen.

Berita Lainnya

Perluasan Peserta Program JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto menjelaskan kerja sama bertujuan untuk perluasan peserta Program JKN-KIS. Sinergi antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen dengan Disnaker UMKM dilakukan selama dua tahun sejak Januari 2021.

“Ruang lingkup yang disinergikan antara lain peningkatan perluasan kepesertaan, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kepatuhan, penegakan hukum, dan impelementasi pengenaan dan pencabutan sanksi Tidak Mendapatkan Pelayanan Publik Tertentu (TMP2T) serta kerjasama lain yang disepakati,” ujar Wahyu Giyanto.

Wahyu juga menambahkan bahwa capaian Universal Health Coverage (UHC) Kebumen per Desember 2020 mencapai 85,98 %. Hal ini membutuhkan sinergi dari berbagai stakeholder untuk mencapai UHC Kabupaten Kebumen.

Ada Perusahaan Belum Patuhi Regulasi

Kepala Disnaker UMKM Kebumen Siti Kharisah menuturkan dari temuan di lapangan masih ada perusahaan yang belum patuh terhadap regulasi dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Salah satunya kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami akan selalu mendukung dengan melakukan sosialiasi dan edukasi terhadap pemberi kerja di Kebumen terkait program Jaminan Kesehatan Nasional,” ujar Siti Kharisah. (wh/rz/ndo)

Berita Terkait