Media Gathering BPJS Kesehatan; Media Massa Penting Jadi Sarana Edukasi Publik

Media Gathering BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto dan Kebumen. (Foto: Istimewa)
Media Gathering BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto dan Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Peran media massa saat ini tidak sekadar memberitakan suatu kejadian. Namun lebih penting adalah sebagai sarana edukasi publik, persuasi, pengawasan dan sosialisasi.

Demikian disampaikan oleh Kepala Cabang Kebumen BPJS Kesehatan Wahyu Giyanto pada acara Media Gathering di Resto Mang Engking Putra Gombong, Selasa 24 Juni 2020. Acara yang dihadiri oleh para jurnalis dari Kebumen dan Banyumas itu menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kominfo Kebumen, Cokro Aminoto.

Bacaan Lainnya
Peserta JKN KIS Secara Nasional 220.687.267

Wahyu Giyanto menyampaikan, dengan banyaknya peran media tersebut, maka diharapkan para wartawan adalah pihak yang pertama mengetahui jika ada update informasi terkait program JKN KIS untuk disebarkanluaskan kepada masyarakat.

“Mengingat peserta JKN KIS secara nasional per 31 Mei 2020 berjumlah 220.687.267,” ujar Wahyu Giyanto.

Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020

Sementara itu, pada acara media gathering kali ini disosialisasikan tentang Perpres 64 tahun 2020 yang merupakan perubahan kedua Perpres 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Perpres yang baru ini juga telah memenuhi aspirasi masyarakat seperti yang disampaikan wakil rakyat di DPR RI khususnya Anggota Komisi IX untuk memberikan bantuan iuran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri dan bukan pekerja kelas III.

Capaian Kepesertaan, Menu Baru Mobile JKN

Selain itu disampaikan pula mengenai capaian kepesertaan, menu baru Mobile JKN, Chika, Vika, kanal layanan dan hal-hal lain tentang fasilitas kemudahan peserta JKN KIS dan inovasi pelayanan untuk kepuasan peserta.

Media Gathering merupakan acara yang rutin diadakan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk memberikan informasi terupdate seputar pelaksanaan program JKN KIS. Selain itu dalam rangka mempererat hubungan kemitraan antara BPJS Kesehatan dengan para wartawan.

“Harapannya media massa dapat memuat berita aktual terkait program JKN KIS dan bisa sebagai sarana edukasi publik,” katanya.

Apresiasi Mobil JKN di Tengah Pandemi Covid-19  

Kepala Dinas Kominfo Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan update informasi JKN-KIS di tengah pandemi Covid-19. Update program JKN-KIS diperlukan khususnya aplikasi yang berbasis online seperti misalnya Chika, Vika bahkan antrian online untuk fasilitas kesehatan.

Informasi tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat. Sangat tepat apabila disebarkan oleh berbagai media. Aplikasi online tersebut juga bisa menjadi salah satu inovasi yang dapat digunakan di tengah wabah yang sedang melanda ini.

“Karena semua informasi terkait JKN-KIS dapat diperoleh dalam satu genggaman,” ungkap Cokro Aminoto. (wh/rz)

Pos terkait