Keren, Baznas Kebumen Alokasikan Rp 1,5 Miliar untuk Beasiswa Miskin

Calon penerima beasiswa Baznas ikuti tes tertulis. (Foto: Nindya-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen tahun 2019 menyiapkan dana Rp 1,5 miliar untuk program beasiswa miskin. Beasiswa tersebut diberikan kepada para pelajar maupun mahasiswa dari keluarga miskin yang lolos serangkaian seleksi baik tertulis maupun survei lapangan.

Sebanyak 395 calon penerima beasiswa miskin Baznas Kebumen mengikuti tes tertulis di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Selasa (21/5). Peserta seleksi terdiri atas 380 orang dari kategori fakir miskin, enam kader dakwah dan sembilan tahfidz.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Kebumen drh Djatmiko menjelaskan, peserta seleksi berasal dari sekolah Unit Pengumpul Zakat (UPZ), pondok pesantren, panti asuhan dan UPZ Desa. Setelah lolos tes tertulis, peserta akan mengikuti tes wawancara, survey lapangan untuk kategori miskin dan uji hafalan Alquran 1-5 juz bagi tahfidz.

“Jadi meskipun lolos tes tertulis, namun jika disurvei ternyata dari keluarga mampu ya tidak bisa mendapatkan beasiswa ini,” drh Djatmiko di sela-sela pembukaan.

Adapun besaran beasiswa yang diberikan untuk jenjang pendidikan SMP/MTs ke SMA/MA sebesar Rp 6 juta untuk tiga tahun dan SMP/MTs ke SMK sebesar Rp 8 juta. Sedangkan untuk SMA/MA/SMK ke perguruan tinggi sebesar Rp 10 juta. “Beasiswa diberikan melalui tabungan pendidikan,” imbuh Djatmiko.

Melalui program beasiswa ini, imbuh dia, Baznas Kebumen ikut berperan dalam peningkatan SDM masyarakat kurang mampu. “Sehingga selain mengubah nasib juga menjadi aset generasi muda ke depan menjadi generasi yang berpendidikan tinggi yang berguna bagi nusa dan bangsa,” ujar Djatmiko.

Perolehan Zakat

Hadir dalam pembukaan Asisten Administrasi Sekda Supriyandono, Kabag Kesra Setda Wahib Taman dan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Agus Sunaryo serta para pengurus Baznas Kebumen. Lebih lanjut, Djatmiko menyampaikan perolehan zakat, infak shodaqoh Kabupaten Kebumen dari para muzzaki tahun 2019 ditargetkan sebesar Rp 6,5 miliar. Sedangkan tahun 2018 dari target Rp 6 miliar, telah terealisasi sebesar Rp 6,4 miliar.

“Dana itu dijabarkan dalam enam program kerja yakni Kebumen Taqwa, Kebumen Sadar Zakat, Kebumen Peduli, Kebumen Cerdas, Kebumen Sehat dan Kebumen Makmur,” ujar Djatmiko menyebutkan program Kebumen Cerdas salah satunya diwujudkan dengan pemberian beasiswa kepada anak-anak dari keluarga miskin yang beprestasi.

Asisten Administrasi Sekda Supriyandono yang membacakan sambutan tertulis Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengapresiasi kinerja Baznas Kebumen. Termasuk program beasiswa bagi pelajar miskin yang memiliki prestasi sangat bermanfaat bagi pelajar dari keluarga miskin.

“Program beasiswa ini menjadikan harapan bagi pelajar untuk menggapai cita-cita tanpa terhambat oleh kondisi keuangan keluarga,” ujar Supriyandono. (ndo)

Pos terkait