Datangi Benteng Van Der Wijck Gombong, Tim Visitasi Beri Masukan untuk BP Geopark Kebumen

Tim visitasi foto bersama di depan Benteng Van Der Wijck Gombong. (Foto: Hari)

GOMBONG (KebumenUpdate.com) – Usai mengunjungi berbagai situs geologi di Kebumen sisi utara pada hari pertama, di hari kedua tim visitasi dari Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) dan berbagai kementerian mengunjungi wilayah Kebumen barat.

Ditemui di Benteng Van Der Wijck Gombong, General Manager Badan Pengelola Geopark Kebumen Sigit Tri Prabowo menjelaskan, bahwa hari pertama tim visitasi mendatangi Totogan View, Sekis Mika, Lava Bantal, dan Bukit Pentulu.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Side Event KIE 2023: Seminar Geopark Indonesia Mendunia

Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), Mirawati Sudjono (merah), didampingi pengelola lokal. (Foto: Hari)

“Kemarin kita ke kawasan utara untuk melihat keterlibatan masyarakat. Karena itu yang akan dinilai oleh UNESCO. Alhamdulillah semua situs sudah ada pengelola lokalnya,” kata Sigit Tri Prabowo, Selasa 7 Mei 2024.

Menurutnya, beberapa situs sudah bisa dilepas atau berjalan sendiri, namun beberapa masih perlu pendampingan.

“Nanti kita ada intervensi tiap situs untuk para pengelola lokal agar bisa menjelaskan lebih detail. Bukan soal menjadi ahli geologinya, tapi bagaimana mereka bisa melihat warisan geologi yang dimiliki dan mereka terlibat di dalamnya,” papar Sigit.

Pos terkait