Kendaraan Berknalpot Brong Kembali Ditindak, Mayoritas Penggunanya Pelajar SMA

Jenis Pelanggaran yang Ditemukan

Jenis pelanggaran di antaranya tidak mengenakan helm, tidak memasang plat nomor, memodifikasi kendaraan hingga tidak laik jalan, selanjutnya pemasangan knalpot brong. Para pelanggar diberikan teguran hingga tilang agar tidak mengulangi di kemudian hari.

Bagi pelanggar knalpot brong yang diamankan petugas, mereka diwajibkan mengganti knalpot brong dengan knalpot standar pabrik yang suaranya lebih ramah lingkungan. Kendaraan baru bisa diambil oleh pemilik jika knalpotnya telah diganti sesuai ketentuan serta membuat pernyataan sanggup menyerahkan knalpot brong kepada Polres Kebumen untuk dimusnahkan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Membuat Bising Masyarakat, Polres Kebumen Jaring 32 Kendaraan Berknalpot Brong

Berdasarkan data dari Sat Lantas Polres Kebumen, para pelanggar lalu-lintas mayoritas adalah pelajar setingkat SMA. Mereka memasang knalpot brong untuk popularitas hingga dianggap gaul, dampaknya banyak pihak yang dirugikan.

“Kami didukung oleh banyak pihak. Banyak informasi masuk dari masyarakat mengenai keberadaan mereka (kendaraan knalpot brong). Laporan dari masyarkat bisa mempersempit gerak para pelanggar. Kami ucapkan terimakasih,” pungkasnya.

Pos terkait