Kamar Rutan Kebumen Digeledah, Begini Hasilnya

  • Whatsapp
Rutan Kebumen
Tim gabungan menggeledah kamar Rutan Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Seluruh kamar di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kebumen digeledah dan dirazia secara mendadak, Selasa 6 April 2021 malam. Polres Kebumen ikut terlibat dalam penggeledahan bersama dengan Kodim 0709 Kebumen dan BNN Kabupaten Banyumas.

Razia yang dipimpin oleh Kepala Rutan Kebumen Subiyakto digelar kurang lebih satu jam, mulai Pukul 19.00-20.00 WIB. Para petugas gabungan melakukan penggeledahan mulai dari tempat tidur, selanjutnya menyisir almari dan gantungan pakaian.

Berita Lainnya

Total 14 Kamar di Rutan Digeledah

Total ada 14 kamar yang dilakukan penggeledahan. Termasuk kamar blok wanita juga dilakukan penggeledahan. Selama razia, para penghuni kamar dikeluarkan dan dibariskan di depan kamar masing-masing.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman, kegiatan razia yang digelar merupakan kegiatan serentak di seluruh Indonesia.

“Sasarannya adalah handphone, narkoba, senjata tajam, atau benda lainnya yang seharusnya tidak berada di kamar para tahanan maupun narapidana,” ujar Iptu Tugiman.

Dalam Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-74

Menurut Kepala Rutan Subiyakto, kegiatan razia kali ini dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke 74.

“Alhamdulillah tadi telah diperiksa, sejauh ini tidak ditemukan barang-barang yang kami khawatirkan,” jelas Subiyakto.

Baca Juga: Lantunan Adzan dan Ayat Suci Al Quran Menuntun Warga Binaan Rutan Memeluk Islam

Kegiatan penggeledahan atau razia secara mandiri, menurut Subiyakto, dalam sebulan bisa lakukan sebanyak 10 kali. Termasuk uang tunai tidak diperbolehkan atau dimiliki para penghuni Rutan untuk menghindari perjudian, suap, ataupun sebagai alat kejahatan lainnya.

Para penghuni Rutan hanya diperbolehkan memiliki uang elektronik yang bisa digunakan untuk membeli keperluan pribadinya di kanting yang tidak disediakan oleh Rutan. (win)

Berita Terkait