Didampingi Ketua PCNU Kebumen, Arif-Rista Ziarahi Makam Pahlawan dan Bupati Terdahulu

ziarah
Arif Sugiyanto ziarah ke TMP didampingi KH M Dawamudin Masdar. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Hj Ristawati Purwaningsih SST MM melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti Kebumen, Kamis 1 Oktober 2020.

Ziarah ke makam para pahlawan itu digelar dalam rangkaian memeringati Hati Kesaktian Pancasila. Selain berdoa dan tabur bunga di pusara pahlawan, Arif-Rista yang didampingi Ketua PCNU Kebumen KH M Dawamudin Masdar, juga berziarah ke makam para bupati Kebumen terdahulu.

Bacaan Lainnya
Bentuk Penghargaan Atas Jasa Pahlawan
ziarah
Ristawati Purwaningsih berdoa saat ziarah di makam pahlawan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Yakni makam Kalapaking di Desa Kalijirek, Kebumen kemudian makam KRT Aroengbinang di Desa Kuwarisan, Kutowinangun dan Makam Ki Bumidirjo di Desa Kutowinangun. Di makam-makam leluhur Kebumen itu, Arif Sugiyanto dan Ristawati memanjatkan doa dan menabur bunga.

Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa ziarah tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa pahlawan terdahulu yang telah berjuang memajukan Indonesia khususnya Kabupaten Kebumen. Perjuangan tersebut harus diteruskan dengan cara melakukan kegiatan yang positif.

“Juga mendukung program-program pembangunan pemerintah agar Kebumen ke depan semakin sejahtera,” ujar Arif Sugiyanto.

Strategi Khusus Kampanye di Tengah Pandemi
ziarah
Ziarah di makam Kolopaking di Desa Kalijirek. (Foto: Padmo-)KebumenUpdate)

Perjuangan para pahlawan terdahulu harus diteruskan. Tentunya dengan program-program pembangunan agar Kebumen ke depan semakin sejahtera mandiri dan berakhlak.

Disinggung mengenai masa kampanye di tengah pandemi Covid-19, Arif menjelaskan bahwa pihaknya memiliki strategi khusus untuk penyampaian visi misi. Pihaknya tidak akan mengadakan pertemuan dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi melalui rapat terbatas dengan jumlah peserta maksimal 50 orang.

“Dalam penyampaian visi-misi kami akan lebih mementingkan protokol kesehatan dan tidak akan mengumpulkan dalam jumlah massa yang banyak,” pungkas seraya menyebutkan bahwa pihaknya akan mementingkan kesehatan masyarakat.

Visi Misi Sejalan dengan Perjuangan Pahlawan
Ziarah
Tabur bunga di makam pahlawan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Menurut Arif, beberapa program yang berkaitan dengan visi misi dianggap sejalan dengan perjuangan para pahlawan. Salah satunya melanjutkan program pembangunan di Kebumen yang didasari dengan landasan birokrasi yang baik dan responsif serta tulus dan peduli dalam melayani masyarakat.

Selain itu, birokrasi Kebumen juga harus kompak dan terintegrasi satu dengan yang lain agar memberi kemudahan bagi masyrakat. Pelayanan dasar di Kebumen harus dikuatkan, seperti pendidikan, kesehatan dan perumahan yang hingga saat ini masih sangat butuh perhatian bersama.

“Kondisi ini membuat kami bertekad untuk ke depan membangun berokrasi Kebumen yang semakin responsif dan tulus memberikan yang terbaik,” imbuhnya. (ndo)

Pos terkait