Festival Batik Kebumen Jadi Ajang Promosi Batik Daerah

Festival Batik Kebumen
Ketua Tim Penggerak PKK memeragakan busana batik. (Foto: Dok. Pemkab Kebumen)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) –  Sebuah pergelaran bertajuk Festival Batik Kebumen digelar dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional 2023 di halaman Hotel Mexolie Kebumen, Sabtu 7 Oktober 2023.

Festival Batik dimeriahkan dengan beragam kegiatan.  Mulai dari penampilan ansambel Kebumen Violin Orchestra, tarian kolosal batik, fashion show batik Kebumen.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Ratusan Siswa SMPN 3 Karanganyar Belajar di Kampung Batik Kebumen

Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih SST MM juga ikut memeragakan fashion show tersebut. Acara ini turut dimeriahkan dengan bazar UMKM dan pedagang kaki lima.

Ratusan warga hadir menyaksikan peragaan busana batik yang diperankan sejumlah model Kebumen tersebut. Acara yang digelar atas kerjasama dengan Pemkab Kebumen dengan sebuah agensi model tersebut dihadiri oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH, jajaran Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD serta camat.

Memperkenalkan Batik Kebumen Masyarakat Luas

Bupati menyambut baik diadakannya acara tersebut sebagai bentuk kecintaan terhadap batik, hasil karya anak bangsa, sekaligus untuk memperkenalkan batik Kebumen ke masyarakat luas.

“Hampir setiap daerah punya batik sebagai ciri khas budaya nusantara. Di Kebumen sendiri juga punya batik khas Kebumen, kita ada Kampung Batik khas di Tanuraksaan. Tidak kalah bagus dengan yang lain, dan malam ini terlihat sangat indah diperagakan para model,” ucapnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Baju Batik Kekinian, Dijamin Kece!

Menurut Bupati sudah saatnya masyarakat  berpikir untuk bisa mencintai seni dan budaya. Pasalnya dengan seni dan budaya juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk kebutuhan ekonominya. Seperti halnya para pengrajin batik Kebumen.

“Jangan berpikir sama, semua orang menginginkan menjadi pegawai pemerintah. Harus ada yang mulai berpikir bahwa seni dan budaya juga bisa menghasilkan nilai ekonomi bila ditekuni dengan baik. Pengrajin batik kita masih tergolong sedikit, sehingga perlu dilestarikan,” ucapnya.

Pos terkait