Imlek Nasional; Pengusaha Peduli NKRI Bantu 40 Ton Beras untuk Warga Kebumen

  • Whatsapp
Imlek Nasional
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyampaikan sambutan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Kabupaten Kebumen menerima bantuan sebanyak 40 ton beras yang berasal dari program Imlek Nasional Pengusaha Peduli NKRI. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh pengusaha Tionghoa Sugeng Budiawan selaku koordinator lapangan kepada Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin 5 April 2021.

Tampak hadir Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kebumen Bobyn Subianto, sejumlah tokoh Tionghoa Kebumen, Santoso Budiawan, Henky Halim, dan Johan Ong Cahyadi. Hadir Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang SE MM, Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Mangarif, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dinas Sosial PPKB Eko Widianto dan Ketua Tagana Kebumen Sukamsi.

Berita Lainnya

Bantuan Beras Didistribusikan Empat Tahap

Imlek Nasional
Ketua PSMTI Kebumen Bobyn Subianto menyampaikan sambutan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Ketua PSMTI Kebumen Bobyn Subianto menjelaskan bahwa pada Imlek tahun ini warga Tionghoa tidak menggelar perayaan Imlek. Sebagai gantinya, Panitia Imlek Nasional memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Imlek tahun ini kami tidak mengadakan kegiatan yang sifatnya berbau keramaian. Karena memang kita patuh pada protokol kesehatan. Jadi Imlek tahun ini kemudian kami isi dengan kegiatan sosial untuk masyarakat,” ucap Bobyn Subianto.

Bantuan 40 ton beras itu akan diberikan selama empat tahap. Tahap bertama diberikan 10 ton beras. Selajutnya akan didistribusikan pada April, Mei dan Juni. Selain beras, pihaknya juga memberikan bantuan masker 20.000 pieces untuk diberikan kepada masyarakat.

Berharap Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Imlek Nasional
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanti foto bersama dengan pengusaha Tionghoa. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Sugeng Budiawan sebagai koordinator lapangan dalam penyaluran beras tersebut berharap, bantuan beras tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang masih terdampai pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kali Keenam, PSMTI Kebumen Bedah Rumah Tak Layak Huni

Pengusaha otomotif hingga perhotelan itu menambahkan, pihaknya menyadari bahwa Covid-19 yang sudah melanda masyarakat selama satu tahun. Hal itu telah berdampak besar terhadap penurunan ekonomi masyarakat. Karena itu, panitia Imlek Nasional menginisiasi untuk memberikan bantuan sembako berupa beras.

“Kita semua berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sehingga perekonomian kembali bangkit dan masyarakat bisa berjalan dengan normal kembali,” ujar owner Muncul Group tersebut.

Pendistribusian Melalui Dinas Sosial Dibantu TNI dan Polri

Imlek Nasional
Pengusaha Sugeng Budiawan secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada warga Tionghoa atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk diberikan warga yang membutuhkan, sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian antar sesama.

“Ini merupakan sikap yang baik yang ditunjukan oleh warga Tionghoa untuk membantu orang lain, tanpa memandang perbedaan ras, suku, dan agama,” ucapnya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Tahun Baru Imlek 2572 di Kebumen Tanpa Perayaan

Bantuan kemanusian ini selanjutnya akan didistribusikan oleh Pemkab melalui Dinas Sosial dan dibantu oleh TNI dan Polri. Dia berharap bantuan itu bisa diberikan secara merata dan tepat sasaran. Artinya benar-benar diberikan kepada warga miskin yang membutuhkan.

“Bantuan ini setidaknya bisa meringankan masyarakat yang terdampak Covid-19. Sekaligus bisa membantu masyarakat dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Karena tidak lama lagi umat Islam akan menjalani ibadah puasa,” ujarnya. (smn)

Berita Terkait