Duka Awal 2024, Dua Pekerja Migran Asal Kebumen Meninggal di Malaysia

Pekerja Migran Kebumen
Pemakaman almarhum Eko Triyanto di Desa Bulurejo Kecamatan Ayah, Kebumen. (Foto: Dok. Migrant Care)

Kepulangan almarhumah ke Indonesia pada tahun 2018 tidak lama karena majikan meminta untuk segera kembali ke Malaysia lagi. Menurut cerita keluarga di desa, anak pertama almarhumah juga bekerja di Malaysia bersama dengan keluarganya.

Awal mula almarhumah bekerja ke Malaysia karena perceraian, semenjak bercerai ekonomi keluarga sangat kekurangan apalagi untuk membiayai dan membesarkan anak-anak almarhumah. Tidak lama kemudian, almarhumah memutuskan untuk bekerja ke Malaysia sebagai PRT.

Bacaan Lainnya
Migrant Care Minta Pemkab Kebumen Tingkatkan Sosialisasi 

Koordinator Migrant Care Kebumen Syaipul Anas menyampaikan dari dua kasus pekerja migran tersebut menegaskan bahwa masih banyak masyarakat Kebumen belum mengetahui tata cara bermigrasi yang aman dan nyaman. Kasus tersebut membuktikan bahwasanya pekerjaan Pemerintah Kebumen dalam hal ini Disnaker Kebumen dalam memberikan sosialisasi migrasi aman masih harus ditingkatkan lagi.

“Awal tahun 2024 pemerintah seharusnya menyusun agenda pelindungan dan sosialisasi juga menganggarkan untuk advokasi kasus-kasus pekerja migran,” ujarnya.

Pos terkait