Banyak Pos Polisi di Kebumen Tanpa Penjagaan, Ini Komentar Warga

  • Whatsapp
Pos Polisi
Kondisi pos polisi di Simpang Lima Sruweng. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Jika masuk wilayah Kabupaten Kebumen banyak ditemukan pos polisi kosong tanpa penjagaan. Bahkan bisa dibilang semua pos polisi di wilayah kota Kebumen kosong tanpa penghuni.

Kondisi ini jelas memprihatinkan, bagaimana tidak, pos polisi yang dibangun untuk melakukan penjagaan atau pengawasan lalu lintas jalan, justru kosong tanpa penghuni. Kondisinya bahkan kotor tak terawat tersapu debu jalanan.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya di pos polisi Simpang Lima, Sruweng, Kebumen. Masyarakat sekitar yang setiap hari berada di area lokasi melihat pos polisi tampak tidak ada yang jaga. Bukan hanya satu hari dua hari, kondisi ini terlihat berbulan-bulan.

“Memang pos itu tidak ada yang jaga. Selalu kosong paling kalau lebaran saja baru ada yang jaga, atau kalau ada pejabat yang lewat baru ada yang jaga. Selebihnya setiap hari kosong,” ujar salah seorang warga bernama Udin saat ditemui di lokasi, Senin 31 Mei 2021.

Baca Juga: Pelanggar Lalu Lintas di Kebumen Siap-siap Kena Tilang Elektronik

Menurutnya simpang lima menjadi jalan vital yang dilalui kendaran besar dan cukup padat setiap harinya. Keberadaan pos polisi sangat dibutuhkan untuk keamanan, dan ketertiban lalu lintas. Sangat disayangkan, jika pos polisi tidak ada petugasnya.

“Ya penting lah, gunanya pos polisi kan biar ada yang jaga. Biar ada yang mengatur. Misalnya kalau ada yang kecelakaan atau gimana kan bisa cepat tanggap. Ini kalau ada kecelakaan, kan warga yang menolong, baru nanti satu jam kemudian polisi baru datang,” jelasnya.

Polisi kata dia, hanya mengandalkan kamera CCTV. Namun menurutnya hal itu tidak cukup, karena CCTV kadang tidak membuat orang tertib lalu lintas.

“Kalau ada polisi kan paling tidak orang jadi takut untuk melanggar. Kalau hanya CCTV, belum cukup,” jelasnya.

Pos Polisi Tugu Lawet dan Kedung Bener Lama Kosong

Pos Polisi
Pos polisi Kedungbener lama tak dijaga petugas. (Foto: Istimewa)

Senada, pengguna kendaraan lain di pusat kota Kebumen Uswatun juga merasakan hal yang sama. Dia kerap melintas pos polisi di Tugu Lawet juga kosong tak berpenghuni. Padahal menurutnya keberadaan polisi lalu lintas di jalan juga penting.

“Setahu saya sering kosong, paling kalau hari lebaran, atau tahun baru, baru ada yang jaga. Harusnya ya tidak hanya lebaran, setiap hari paling tidak ada satu atau dua orang yang jaga, jangan hanya mengandalkan lampu merah,” jelasnya.

Kasno warga yang berada di sekitar Pos Polisi Kedungbener menyebutkan bahwa Pos di titik tersebut sudah lama tidak pernah dijaga. Selalu kosong, kecuali hari-hari besar.

Baca Juga: Dua Minggu, Satlantas Kebumen Tilang 3.469 Pelanggar

Menurut Kasno mestinya pos polisi itu tetap dijaga oleh aparat, demi keamanan dan ketertiban lalu lintas.

“Harusnya memang ada yang jaga, tapi kalau ada yang jaga suka bikin ribut polisinya. Mancing keributan,” jelasnya.

Kadang-kadang kata dia, meskipun pengendara pakai helm dan tertib lalu lintas tetap saja disemprit, ditanya SIM, STNK dan lain-lain. Hal ini membuat masyarakat tidak nyaman. (smn)

Pos terkait