Dua Minggu, Satlantas Kebumen Tilang 3.469 Pelanggar

  • Whatsapp
Sejumlah anak di bawah umur mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Selama dua minggu Satlantas Polres Kebumen menindak sebanyak 4.341 pengguna kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran. Dari jumlah itu sebanyak 3.469 pelanggar dikenai sanksi tilang dan sebanyak 872 pelanggar diberikan teguran.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2019 sejak 23 Oktober hingga 5 Nopember 2019, polisi juga mengamankan barang bukti berupa STNK sebanyak 3.209 lembar, SIM 218 keping dan 42 sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan STNK.

Bacaan Lainnya

Dari data Polres Kebumen diketahui bahwa pelanggar lalu lintas didominasi oleh pelajar yakni sebanyak 1.375 pelanggar atau 39,63 %. Selain itu, swasta, pedagang, pengemudi dan pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 127 pelanggar atau 3, 66 %.

Baca Juga: Mantap, Bhabinkamtibmas Kirim 1.500 SIM ke Rumah Pemohon

“Pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar seperti tidak memiliki SIM sampai tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Muh Rikha Zulkarnain saat konfrensi pers, Kamis, 7 Nopember 2019.

Dengan tingginya pelajar yang melanggar lalu lintas, Kapolres Kebumen mengimbau kepada para orang tua agar mengarahkan putra putrinya yang belum memiliki SIM agar tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk berangkat ke sekolah.

Baca Juga: Hindari 8 Pelanggaran Ini Agar Kalian Tak Terjaring Operasi Zebra 2019

Selain melakukan penindakan, selama Operasi Zebra Candi 2019, imbuh Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Muh Rikha Zulkarnain pihaknya telah melakukan pembinaan dan penyuluhan secara tatap muka langsung. Selain itu juga melalui media seperti radio, koran, bahkan media sosial terus di gelorakan tentang Operasi Zebra Candi.

Tentunya dengan tujuan utama adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat agar memahami arti pentingnya tertib berlalu lintas.

“Operasi zebra bukan hanya penindakan, dengan momen operasi zebra ini kami ingin mengajak masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas, guna mewujudkan keamanan, kelancaran dan keselamatan Lalu Lintas di wilayah Kabupaten Kebumen,” ucap Kasat Lantas AKP Muh Rikha Zulkarnain. (git)

Pos terkait