Personil Polri di Pos Pam Diminta Terapkan Buddy System, Apa Maksudnya?

  • Whatsapp
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat memantau Pos Pam/Pos Pantau Operasi Ketupat Candi 2020. (Foto: Istimewa)
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat memantau Pos Pam/Pos Pantau Operasi Ketupat Candi 2020. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan meminta personel Polri yang bertugas di Pos Pam/Pos Pantau Operasi Ketupat Candi 2020 agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Peningkatan itu dilakukan dengan cara menerapkan buddy system.

Buddy system harus selalu digunakan dalam menjalankan tugas,” tegas AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat melaksanakan patroli dan cek Pos Pam/Pos Pantau Operasi Ketupat Candi 2020, Kamis 20 Mei 2020.

Berita Lainnya

Buddy System Antisipasi Hal-hal yang Tidak Diinginkan

Adapun buddy system atau sistem pengawasan antar teman dengan maksud saat bertugas di lapangan, minimal tidak seorang diri. Terutama bagi anggota Polri yang mengenakan seragam. Sehingga saat melakukan aktivitas, rekannya melakukan pengawasan terhadap rekannya yang lain.

“Hal tersebut bertujuan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Lebih dari itu, Kapolres meminta personil untuk selalu menjaga kebersihan pos pantau. Juga menggunakan SOP  yang berlaku ketika ada tamu yang ingin masuk ke Pos Pantau tersebut.

“Kepada personil Polri tetap melakukan senyum, sapa dan salam (3S) serta selalu melaporkan perkembangan situasi yang ada kepada pimpinan secara berjenjang,” tandas AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Bangun Empathy Building dan Social Building

Sebelumnya, AKBP Rudy Cahya juga mengajak petugas piket membangun empati dan membangun sosial atau empathy building and social building dengan warga sekitar pos. Hal ini  guna mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19 terhadap stabilitas kamtibmas sampai dengan berakhirnya operasi.

“Mari bersama-sama kita wujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kebumen dengan mengedepankan kepedulian terhadap masyarakat,” kata AKBP Rudy Cahya.

Dia menyebutkan dari hasil pantauan Posko Ops Ketupat Candi 2020 saat ini wilayah Kebumen terpantau sangat kondusif. (win)

Berita Terkait