17 Mahasiswa UPB Lolos Ikuti Program Kampus Mengajar Kemdikbud Ristek

  • Whatsapp
Mahasiswa UPB
Gedung Pusat Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen berhasil lolos mengikuti seleksi program kampus mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pengumuman kelolosan mahasiswa pada Jumat 23 Juli 2021.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Ika Neni Kristanti SE MSc mengatakan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mencetuskan program ini untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran di masa pandemi.

Bacaan Lainnya

Khususnya untuk SD di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), yang mana para mahasiswa UPB akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

“Pada program ini, para mahasiswa UPB akan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Yakni dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada SD sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas diri melalui aktivitas di luar kampus,” tutur Ika.

Baca Juga: Empat Program Studi Baru di Universitas Putra Bangsa Kebumen, Apa Saja?

Ika Neni menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud dan Lembaga Layanan Dikti Wilayah VI Jawa Tengah. Mereka memberi kesempatan mahasiswa UPB mengimplementasikan aktivitas berbagi dan peduli kepada masyarakat melalui program ini.

Dia juga mengaku bangga dan berterimakasih kepada para mahasiswa yang lolos pada program ini. Menurutnya meski di masa pandemi, namun tetap semangat dan mampu menunjukkan sikap kerelawanan dengan mengikuti program ini.

Semangat Berbagai

Program kampus mengajar sekaligus kesempatan berharga bagi mahasiswa merasakan kuliah di kampus kehidupan bersama masyarakat dalam kategori 3T. Sekaligus menjadi sarana dan momentum untuk terus menjaga dan merawat semangat kerelawanan.

“Semangat berbagi dan peduli, yang mana hal tersebut selaras dengan visi kampus UPB untuk mencetak generasi yang unggul, kompetitif dan berakhlak mulia,” ungkap Neni.

Baca Juga: STIKES Muhammadiyah Gombong Buka Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan

Ika Neni berharap mahasiswa dapat melaksanakan dan mengimplementasikan program ini dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Termasuk dapat mengasah keterampilan sosial mereka dengan bekal ilmu yang telah dimiliki.

“Harapan kami mahasiswa dapat mengimplementasikan aktivitas berbagi dan peduli kepada masyarakat serta dapat mengasah keterampilan sosial seperti rasa empati, komunikasi, kepemimpinan, kreativitas, pemecahan masalah, inovasi dan kreativitas dalam mengikuti kegiatan kampus mengajar ini,” harap Ika.

Pos terkait