Siap Sambut Wisatawan, Hutan Mangrove Ayah Dibuka Kembali

View Hutan Mangrove Ayah dari sisi atas. (Foto: istimewa)

AYAH (KebumenUpdate.com) – Hutan mangrove Ayah yang letaknya berdekatan dengan Pantai Logending, kini mulai dibuka lagi. Pembukaan ini dengan maksud menyambut wisatawan pada masa libur lebaran.

Berwisata di hutan mangrove Ayah dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan harga tiketnya yang cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk satu tiket, pengunjung sudah bisa menjelajah hutan mangrove seluas 18 hektar ini.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Gaspala SMA N 2 Kebumen Tanam 1000 Bibit Bakau

Wisatawan juga dapat menelusuri kawasan hutan mangrove Ayah menggunakan perahu yang disewakan oleh pengelola. Baik perahu kano ataupun perahu bermesin tersedia di sini.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto meninjau Hutan Mangrove Ayah. (Foto: istimewa)

 

“Hutan mangrove Ayah ini masih sangat asri, sejuk, tanamannya lebat, luas, dan ini sudah dibangun jembatan kayu yang membuat kita leluasa menelusuri rimbanya hutan mangrove, asyik sekali,” ujar Bupati Arif Sugiyanto usai meninjau kesiapan hutan mangrove Ayah dalam menyambut lebaran pada Sabtu 30 April 2022.

Menurut Arif, hutan mangrove merupakan aset yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain karena keindahannya yang dapat menarik wisatawan dari kabupaten lain, letaknya berbatasan langsung dengan Cilacap dan Banyumas.

“Hutan dari segi apapun masih banyak manfaatnya daripada mudaratnya. Bahkan tidak ada mudaratnya. Karena mencintai hutan berarti mencintai kehidupan,” tambah Arif Sugiyanto.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa hutan mangrove berfungsi menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai. Selain itu juga dapat menyerap gas karbon dioksida, penghasil oksigen, serta sebagai tempat hidup biota laut seperti ikan kecil, kepiting, dan udang.

Selain di Ayah, hutan mangrove juga terdapat di lokasi lain di antaranya di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit serta yang belum lama ini mulai ditanam yaitu di Kawasan Kali Ratu Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong.

 

Pos terkait