Mercusuar Tanggulangin: Menara Pemandu yang Memesona

Mercusuar Tanggulangin
Fasad Mercusuar Tanggulngin. (Foto: Gita Kurniawan)

MERCUSUAR Tanggulangin terletak di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. Mercusuar ini tidak hanya berfungsi sebagai pemandu navigasi laut, tetapi juga menjadi salah satu ikon wisata yang menarik banyak pengunjung.

Mercusuar Tanggulangin dibangun pada tahun 1997 sebagai bagian dari upaya meningkatkan keselamatan navigasi di perairan sekitar Desa Tanggulangin. Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan akan perawatan, mercusuar ini mengalami renovasi besar pada tahun 2013. Renovasi untuk memastikan fungsionalitas dan keamanan struktur tetap terjaga.

Bacaan Lainnya
Mercusuar Jadi Panduan Bagi Kapal yang Melintas

Fungsi utama mercusuar ini adalah memberikan panduan bagi kapal-kapal yang melintas di sekitar perairan Tanggulangin, terutama di malam hari atau saat cuaca buruk. Lampu suar yang terang dari mercusuar ini dapat terlihat dari jarak yang cukup jauh, memberikan tanda visual yang penting bagi navigasi laut.

Baca Juga: Kunang-kunang Jadi Potensi Ekowisata di Kawasan Geopark Kebumen

Lampu suar juga digunakan sebagai penanda daratan bagi kapal besar yang melintas agar tak salah jalur dan kandas. Jika lampu suar mati bisa berbahaya. Itu bisa berakibat kecelakaan bagi kapal yang berlayar di malam hari. Saking vitalnya lampu suar, penjagaan dilakukan selama 24 jam. Penjaga bertugas memastikan lampu dalam keadaan baik dan dapat menjalankan fungsinya.

Mercusuar ini juga berperan dalam menjaga keselamatan pelayaran dan mencegah kecelakaan laut dengan memberikan sinyal peringatan.

Pos terkait