Upaya DLHKP Kebumen untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kecamatan Prembun

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Lokasi strategis Kecamatan Prembun sebagai gerbang masuk ke Kabupaten Kebumen dari arah timur, menjadi salah satu bahan dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Prembun untuk pembangunan berkelanjutan.

Selain itu adanya bangunan bersejarah di antaranya Pabrik Gula Remboen dan Gedung SMP N 1 Prembun, yang juga dilintasi oleh jalan arteri, menjadi nilai tambah mengapa Prembun layak untuk dikembangkan pada masa mendatang.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Jelajah Pusaka Prembun, Telusuri Jejak Sejarah Pabrik Gula Remboen

Atas dasar itulah Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan (DLHKP) menggelar Konsultasi Publik di Hotel Mexolie untuk menyusun dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Selasa 15 November 2022.

Bekas kantor administratur Pabrik Gula yang kini menjadi Mapolsek Prembun. (Foto: Sigit-KebumenUpdate)

“Cagar budaya tidak boleh dibongkar dan sebagainya. Itulah kajian lingkungan hidup. Terkait nantinya ada pembangunan, investasi, infrastruktur, harus ada kajian lingkungan hidupnya. Ada syarat-syaratnya yang harus dipenuhi sebelum diberikan perizinan,” kata Drs Asep Nurdiana MSi, Kepala Dinas LHKP Kebumen.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Irma Damayanti SHut MM selaku Kasi Penataan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan Indraya Kusyuniadi selaku Konsultan Pokja DLHKP Kebumen.

Pos terkait