UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia Berikan Bantuan Mesin Perkayuan untuk Perajin Pelepah Daun Kelapa di Desa Kebakalan

UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia foto bersama dengan perajin pelepah daun kelapa di Desa Kebakalan, Karanggayam, Kebumen. (Foto: Dok. Asni Tafrikhatin, M.Pd)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia lolos dalam Program Pemberdayaan Masyarakat (P2MD) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Ditjen Vokasi. Para mahasiswa mengangkat permasalahan “Modernisasi Alat Produksi Perajin Lampu Hias Pelepah Daun Kelapa Guna Meningkatkan Efektivitas Produksi di Desa Kebakalan”.

Permasalahan ini diangkat karena Desa Kebakalan, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen termasuk desa yang memiliki banyak pohon kelapa sehingga sampah pelepah daun kelapa cukup banyak. Masyarakat Desa Kebakalan memanfaatkan pelepah daun kelapa tersebut untuk digunakan sebagai kerajinan lampu hias. Saat proses produksi kerajinan lampu hias, peralatan yang digunakan masih cukup terbatas.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Politeknik Piksi Ganesha Adakan Seminar Kebencanaan Dukungan Japanese Red Cross

Berdasarkan kondisi tersebut, UKM Krevada melalui P2MD melakukan pengadaan mesin yang dibutuhkan untuk kerajinan pelepah daun kelapa.

“Kami memberikan mesin bobok, mesin pemotong, mesin penghalus, mesin bor, mesin serut, mesin tuner, dan gerindra tangan untuk mempermudah proses produksi kerajinan tangan pelepah daun kelapa ini. Harapannya dengan adanya mesin ini dapat menambah jenis kerajinan tangan yang diproduksi,” jelas Asni Tafrikhatin, M.Pd selaku Dosen Pendamping UKM Krevada.

Diharapkan Mampu Produksi Kerajinan Perkayuan Lain
UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia memberi pelatihan penggunaan mesin. (Foto: Dok. Asni Tafrikhatin, M.Pd)

Penyerahan mesin tersebut dilakukan pada Minggu, 15 Oktober 2023. Penyerahan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kebakalan Wiwit Setiyawan Wijayanto, S.Sos, Perangkat Desa Kebakalan, Anggota Karang Taruna, dan Mahasiswa UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia.

Kepala Desa Kebakalan, Wiwit Setiyawan Wijayanto, S.Sos berharap mesin-mesin yang diberikan ini mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Karang Taruna Desa Kebakalan selaku perajin pelepah daun kelapa.

“Harapannya mampu memproduksi kerajinan perkayuan lainnya seperti sangkar burung,” ujarnya.

Perajin Juga Dilatih Penggunaan Mesin

UKM Krevada Politeknik Piksi Ganesha Indonesia Tak hanya itu, setelah penyerahan mesin para perajin dilakukan pelatihan penggunaan mesin tersebut. Pelatihan diikuti oleh 16 orang anggota Karang Taruna Desa Kebakalan.

Pelatihan tersebut dipandu langsung oleh warga desa dari sentra lain yang memiliki kapasitas dalam membuat kerajinan kayu.

Baca Juga: Desa Gemeksekti Berdayakan Pembatik Melalui Bumdes

Selanjutnya peserta pelatihan akan dibagi menjadi dua kelompok. Pembagian kelompok tersebut berdasarkan wilayah tempat tinggal mereka.

“Kami sangat bersyukur karena mendapat bantuan mesin perkayuan yang dapat menunjang proses produksi kami. Semoga dengan adanya mesin ini kami menjadi lebih produktif lagi dalam memproduksi produk dari pelepah daun kelapa atau dari jenis kayu yang lain,” jelas Darmin selaku Ketua Karang Taruna Desa Kebakalan.

Pos terkait