Uji Kesiapan Pemerintah serta Masyarakat, Gladi dan Simulasi Bencana Digelar di Petanahan

PETANAHAN (KebumenUpdate.com) – Untuk menguji kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dalam merespon bencana, Pemkab Kebumen melalui BPBD dan PMI menggelar gladi dan simulasi bencana.

Berlangsung di GOR Kecamatan Petanahan, Senin 30 Oktober 2023, gladi dan simulasi dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, perwakilan TNI Polri, Pos Lanal, Basarnas, BMKG. Lalu BPBD, PMI, JRCS, OPD, serta dari unsur relawan dan potensi SAR.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Dokumen Renkon Skenariokan Gempa dan Tsunami di Kebumen, Ini Penjelasan Kepala BPBD Kebumen

Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Haryono Wahyudi dan Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto. (Foto: Hari)

Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Haryono Wahyudi mengatakan, bahwa kegiatan gladi dan simulasi yang digelar bertujuan untuk menguji dokumen rencana kontingensi yang telah disusun dan menguji kesiapsiagaan pemerintah serta masyarakat ketika terjadi bencana.

“Dengan gladi dan simulasi, kita coba melihat kapasitas pemda dan masyarakat dalam menghadapi bencana. Hari pertama kegiatan TTX (Table Top Exercise) dilanjutkan dengan gladi posko CPX (Command Post Exercise) serta gladi lapang FTX (Field Training Exercise). Besok kita akan mempraktikkan di lapangan diikuti kurang lebih 1.300 peserta,” kata Haryono.

Pos terkait