Dokumen Renkon Skenariokan Gempa dan Tsunami di Kebumen, Ini Penjelasan Kepala BPBD Kebumen

Serah terima dokumen rencana kontingensi (Renkon) bencana gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Kebumen dari BNPB ke BPBD Kebumen. (Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Di dalam dokumen rencana kontingensi (renkon), diskenariokan terjadi gempa bumi 8,7 SR di selatan Kebumen dan memicu tsunami dengan tinggi gelombang 16-18 meter.

Skenario bencana tersebut mencakup 8 kecamatan yang terdampak yaitu Mirit, Ambal, Buluspesantren, Klirong, Puring, Petanahan, Buayan, dan Ayah. Serta meliputi 33 desa di sepanjang pesisir Kebumen.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Selangkah Menuju Sosialisasi, Dokumen Renkon Gempa dan Tsunami Telah Diseminarkan

Sosialisasi Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Kebumen. (Foto: Hari)

“Namanya dokumen Renkon itu harus ada skenario, yang mana disepakati bersama berdasarkan data yang ada. Termasuk di dalamnya ada struktur komando penanganan darurat bencananya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kebumen, Haryono Wahyudi, ketika membuka acara Sosialisasi Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Trio Azana Hotel Kebumen, Kamis 3 Agustus 2023.

Hadir pada acara ini perwakilan BNPB, BPBD provinsi, BMKG Banjarnegara, jajaran OPD, TNI-Polri, akademisi, camat dan kepala desa di pesisir Kebumen, unsur masyarakat, relawan dan potensi SAR, serta lembaga atau instansi yang termasuk dalam elemen pentahelix bencana.

Pos terkait