Tim SAR Bertaruh Nyawa, Jasad Pemancing Berhasil Dievakuasi

Tim SAR saat akan mengevakuasi korban. (Foto: Dok. Pusdalops BPBD Kebumen)

BUAYAN (KebumenUpdate.com) – Tim pencarian dan pertolongan Search and Rescue (SAR) gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi seorang pemancing yang tenggelam di pantai area Goa Lawa, Desa Karangbolong, Kebumen.

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia, Jumat 17 Januari 2020 pukul 07.45 wib. Jasad korban langsung dibawa ke rumah duka dan dilanjutkan identifikasi oleh pihak kepolisian dan pemeriksaan tim medis.

Bacaan Lainnya
Korban Dievakuasi dengan Cara Diangkat Menggunakan Tali
Tim SAR menuruni tebing menggunakan tali. (Foto: Dok. Pusdalop BPBD Kebumen)

Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap Mulwahyono mengatakan, evakuasi korban menggunakan cara lifting atau mengangkat korban dengan menggunakan tali.

“Pengangkatan jasad korban sempat terkendala karena kedalaman tebing sekitar 150 meter. Seain itu banyak karang tepi laut, akses turun harus menggunakan tali pengaman,” ujar Mulwahyono.

Evakuasi  Mulai Pukul 05.30 Wib  Berhasil Diangkat Pukul 07.45 Wib
Tim SAR saat mengevakuasi jasad korban. (Foto: Dok. Basarnas)

Sampai Kamis 16 Januari 2020 pukul 23.00 wib, jasad korban belum bisa dievakuasi karena sulitnya akses untuk di jangkau. Evakuasi kembali dilanjutkan Jumat 17 Januari 2020 mulai pukul 05.30 wib.

“Proses evakuasi korban selama tiga jam dengan cara lifting (naik menggunakan tali) dan lowring (turun menggunakan tali) dan korban selama naik di dampingi satu rescuer,” imbuhnya seraya menyebutkan operasi resmi ditutup.

Selain Basarnas Kantor SAR Cilacap, Operasi SAR tersebut melibatkan personel BPBD Kebumen, Koramil Ayah, Satpolair Polres Kebumen, SAR Tunas Kelapa, RAPI Kebumen, SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, SAR MTA, dan Gertaks Kebumen, dan elemen relawan lain. (ndo)

 

Pos terkait