Pohon Albasia Tumbang Timpa Kabel PLN, Listrik Padam

Dahan pohon albasia yang tumbang menimpa jaringan listrik. (Foto: Istimewa)
Dahan pohon albasia yang tumbang menimpa jaringan listrik. (Foto: Istimewa)

GOMBONG (KebumenUpdate.com) – Sebatang pohon albasia yang berada di dekat jaringan listrik PLN tumbang akibat diterpa angin kencang, Sabtu 5 September 2020 sekira pukul 13.27 Wib.

Tumbangnya pohon albasia tersebut menimpa kabel listrik milik PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Gombong. Menurut saksi mata, kejadian itu menyebabkan dua kali ledakan. Tidak hanya itu, akibat kejadian tersebut sejumlah kecamatan di Kebumen mengalami listrik padam.

Bacaan Lainnya
Banyak Laporan Listrik Padam

Manager PLN ULP Gombong Nila Dewanti membenarkan kejadian itu. Pihaknya menerima banyak laporan listrik padam di sebagian daerah Gombong bagian timur tepatnya di Desa Caruban dan sekitarnya.

Setelah petugas PLN ULP Gombong menuju lokasi didapatkan sebatang pohon albasia patah akibat tertiup angin. Adapun dampak dari kejadian tersebut maka sebagian daerah terkena dampak listrik padam.

Baca Juga: Ranting Pun Sebabkan Listrik Padam

Adapun daerah yang padam akibat albasia tumbang itu meliputi Desa Caruban, Mangunharjo, Kemujan, Tegalsari sebagian, Adiluhur, Sugihwaras sebagian, Sidobunder sebagian, Madurejo, Adimulyo, dan sebagian Desa Tepakyang.

“Setelah penanganan pohon albasia oleh petugas PLN ULP Gombong maka listrik kembali normal pukul 14.21 wib,” ujar Nila Dewanto didampingi Supervisor Teknik Leo Santoso.

Tebang Pohon di Dekat Jaringan

Dalam kesempatan itu, Nila Dewanti mengingatkan kepada warga yang mempunyai pohon dekat jaringan listrik agar segera ditebang sebelum menjadi bahaya. Apabila dikhawatirkan terkena jaringan bisa menghubungi PLN terdekat agar dilakukan pengamanan.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga agar tidak mendirikan bangunan di luar batas jarak aman terhadap jaringan listrik, maksimal 2,5 meter dari jaringan.

“Semoga kejadian ini menjadi pengalaman bagi PLN dan masyarakat untuk selalu waspada dan sinergi saling membantu,” ujar Nila Dewanti. (pdm)

Pos terkait