PMI Kebumen Salurkan Bantuan Bagi Warga Kenteng yang Rumahnya Jebol

  • Whatsapp
PMI Kebumen
Sukarelawan PMI Kebumen menyerahkan bantuan. (Foto: Istimewwa)

SEMPOR (KebumenUpdate.com) – PMI Kebumen menyalurkan bantuan kepada warga Dukuh Siwagu Desa Kenteng, Kecamatan Sempor yang rumahnya jebol akibat diterjang air, Selasa 11 Januari 2022.

Melalui Bidang Pelayanan Kesehatan Sosial (Yankesos), PMI Kebumen memberikan sejumlah bantuan kepada warga terdampak. Yakni berupa paket sembako, alat dapur dan matras, Rabu 12 Januari 2022. Pengiriman bantuan dilakukan oleh sukarelawan yang bertugas di lapangan yaitu Ulfah Fitri Istiqomah dan Bandriyo.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Dua Rumah di Selogiri Tertimbun Longsor, Satu Rumah Warga Kenteng Jebol Diterjang Air

Selain pendistribusian langsung kepada korban, PMI Kebumen juga memberikan bantuan paket sembako dan makanan siap saji. Bantuan diberikan  melalui Pemerintah Desa Kenteng kepada masyarakat yang mengikuti kerja bakti memperbaiki rumah korban.

Kepala Desa Kenteng, Ahmad Fauzi mengatakan, “Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada PMI yang telah membantu warga kami yang terkena bencana ini. Saya atas nama pemerintah desa mengapresiasi atas bantuannya, pastinya bermanfaat untuk warga kami yakni Sukimin dan Muslihun.”

Pucak Musim Hujan

Sementara itu, jebolnya rumah warga dipicu aliran sungai di desa tersebut meluap akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kebumen beberapa hari terakhir ini.

Luapan air sungai ini menyebabkan tanah longsor yang mengenai beberapa rumah warga yakni Sukimin dan Muslihun.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Intai Warga di Bantaran Sungai Lukulo

Menurut keterangan pemilik rumah, dampak dari kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi kerugian material bangunan dengan jebolnya tembok rumah dan rusaknya beberapa perabotan rumah tangga yang ditaksir Rp 3 juta.

Berdasarkan monitoring dari BMKG, terdapat potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa 96,8% wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan dengan puncaknya diprediksi terjadi pada bulan ini.

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang terjadi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan petir.

Pos terkait