Dua Rumah di Selogiri Tertimbun Longsor, Satu Rumah Warga Kenteng Jebol Diterjang Air

  • Whatsapp
Tanah Longsor
Lokasi tanah longsor di Desa Selogiri, Karanggayam. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Dua rumah warga di Desa Selogiri, Kecamatan Karanggayam, Kebumen tertimbun tanah longsor. Meski tak ada korban jiwa, akibat kejadian itu rumah milik Sainem dan Ratiem rusak akibat tertimpa material longsor.

Keterangan sejumlah saksi menyebutkan bahwa longsor terjadi Kamis 13 Jamuari 2021 sekira pukul 00.30 wib saat sebagian warga tengah tertidur. Tiba-tiba terdengar suara “bruk” saat warga mengecek tebing di samping rumah milik Sainem dan Ratiem ambrol.

Bacaan Lainnya

Dari kejadian itu, kerugian total dua korban ditaksir kurang lebih Rp 11 juta.

Baca Juga: Bumi Mania Beraksi Desak Renovasi Stadion Candradimuka

Kapolres Kebumen AKBP  Piter Yanottama melalui Kasie Humas AKP Tugiman menjelaskan, longsor terjadi karena tanah di  lokasi labil  setelah diguyur hujan terus-terusan. Lokasi longsor merupakan daerah berbukit.

Adanya kejadian itu, AKP Tugiman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, mengingat sampai saat ini Kebumen masih sering diguyur hujan deras.

“Polsek Karanggayam sudah ke lokasi mengimbau warga untuk lebih waspada,” jelas AKP Tugiman, Kamis 13 Juli 2021.

Tembok Jebol
Tanah Longsor
Tembok rumah warga Desa Kenteng jebol. (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur Desa Kenteng, Kecamatan Sempor, Kebumen, Selasa 11 Januari 2021 mengakibatkan tembok salah satu rumah warga desa setempat jebol akibat diterjang air.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 13.00 wib tersebut. Akan tetapi rumah yang didiami dua anggota keluarga yakni Sukimin dan Tino itu mengalami kerusakan. Tembok yang terbuat dari batu bata jebol karena diterjang aliran air hujan dan luapan sungai di dekat lokasi.

Baca Juga: Mengenal R Said Prawirosastro, Bupati Kebumen Pertama Era Republik

AKP Tugiman mengatakan, berdasarkan laporan, awal kejadian bermula dari hujan deras yang turun sejak siang hari. Air dari jalan turun dan masuk ke samping rumah lalu membuat tembok jebol.

Polsek Sempor yang datang bersama dengan Koramil, Pemdes dan BPBD membantu menyingkirkan prabotan agar tidak terbawa air. Dalam kondisi tersebut, pemilik rumah sempat memilih tetap bertahan di dalam rumah.

“Tembok yang jebol sementara ditutup dengan menggunakan plastik agar itu hujan tidak tampias masuk ke dalam rumah,” ujar AKP Tugiman.

Pos terkait