Para Penjahat Ini Sasar Motor Parkir yang Kuncinya Tertinggal

  • Whatsapp
Para tersangka pencurian sepeda motor diamankan di Mapolres Kebumen. (Foto: Polres Kebumen)
Para tersangka pencurian sepeda motor diamankan di Mapolres Kebumen. (Foto: Polres Kebumen)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Banyak orang menganggap sepele atau lupa meninggalkan kunci sepeda motor saat parkir kendaraan di pinggir jalan. Padahal tidak sedikit penjahat yang sengaja hunting mengincar sepeda motor yang parkir di pinggir jalan dengan kunci masih menggantung.

Polres Kebumen baru-baru ini menangkap enam tersangka pencurian sepeda motor dalam sebuah operasi yang digelar pada 6-25 Juli 2020. Masing-masing tersangka berinisial FA (30) warga Kecamatan Prembun, WA (31), JE (26), (30), MR (36) warga Kecamatan Mirit, dan HE (38) warga Kecamatan Adimulyo.

Berita Lainnya

Tangkap Enam Tersangka, Tujuh Motor Diamankan

Tersangka WA diduga mencuri motor Honda Supra X 125 pada 20 Juni 2020 di daerah Kecamatan Ambal. JE, diduga mencuri motor Yamaha Jupiter pada 20 Juni 2020 di daerah Kecamatan Ambal. Dalam aksinya ini, dia bersama tersangka WA.

Tersangka SU diduga mencuri motor Honda Supra X di daerah Kecamatan Ambal pada 18 Juni 2020. Tersangka HE diduga mencuri motor Honda Vario di daerah Kecamatan Petanahan pada 1 Februari 2020. Dua tersangka inisial MR dan FA diduga sebagai penadah sepeda motor curian dari tersangka WA.

“Para tersangka ditangkap oleh Tim Reaksi Cepat Walet Sat Reskrim Polres Kebumen secara terpisah di berbagai tempat. Dari para tersangka diamankan barang bukti berupa tujuh sepeda motor berbagai merk,” kata Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasat Reskrim AKP Mardi, Rabu 29 Juli 2020.

Tersangka Hunting Motor yang Kuncinya Tertinggal

AKBP Rudy menjelaskan, para tersangka beraksi dengan mencari lengahnya para korban yang memarkirkan sepeda motor dengan mata kunci masih menggantung di sepeda motor. Modusnya para tersangka hunting mencari sepeda motor, serta mengawasi lokasi sekitar.

Jika situasi dirasa aman, tersangka hanya butuh waktu beberapa detik untuk membawa kabur sepeda motor incarannya.

“Kami mengimbau kepada warga masyarakat untuk lebih waspada. Jika perlu sepeda motor diparkir di tempat aman serta dikunci ganda,” tandasnya.

Tim Reaksi Cepat Kriminalitas Walet Dikenalkan
Tim Reaksi Cepat  Kriminalitas Polres Kebumen. (Foto: Polres Kebumen)
Tim Reaksi Cepat Kriminalitas Polres Kebumen. (Foto: Polres Kebumen)

Dalam kesempatan itu, Kapolres memperkenalkan Tim Reaksi Cepat Kriminalitas Walet Polres Kebumen. Tim gabungan dari fungsi Sat Reskrim, Intelkam, dan Samapta ini bertugas bertindak cepat dalam penanganan kejahatan jalanan.

Adapun tim yang dikenalkan adalah tim tindak reaksi cepat kriminalitas yang di dalamnya adalah Unit Resmob Polres Kebumen.

“Tim ini yang berhasil menangkap para tersangka Curanmor di depan rekan-rekan sekalian,” jelas AKBP Rudy menyebutkan bahwa tim ini nantinya yang akan mobilling mengamankan malam takbiran dan pelaksanaan pilkada dalam waktu dekat. (win)

Berita Terkait