Gelar Rakorwil Kedu, PPNI Dorong Peningkatan Kualitas SDM Perawat

Ketua PPNI Jateng Edy Wuryanto menyampaikan sambutan pada Rakorwil Kedu. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate)- Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perawat yang menjadi anggotanya. Dengan demikian pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Selain melalui peningkatan pendidikan, perawat juga didorong untuk memiliki sertifikasi keahlian sebagai jaminan  kompetensi yang menjadi bagian dari peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Ketua PPNI Jateng Edy Wuryanto saat membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Kedu PPNI Propinsi Jateng di Hotel Mexolie Kebumen, Minggu (28/7/2019).

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Lahir Prematur, Bayi 900 Gram Dirawat di RSUD dr Soedirman. Bagaimana Kondisinya Sekarang?

Pria  yang terpilih menjadi anggota DPR dari Dapil 3 (Grobogan, Rembang, Pati) itu menambahkan, pendirian perguruan tinggi keperawatan yang tak terkontrol berdampak pada overload produksi perawat. Hal ini berdampak kepada para perawat baru dalam meraih karier. Banyak perawat yang bekerja 5-10 tahun tanpa status kepegawaian yang jelas.

“Padahal mempekerjakan perawat tanpa status yang jelas merupakan eksploitasi perawat. Saat ini masih banyak perawat yang menjadi pegawai honorer yang masih belum diangkat menjadi PNS,” ujar Edy Wuryanto.

Baca Juga: Sepasang Pengantin Menikah di Rumah Sakit, Berikut Kisahnya?

Ketua PPNI Kebumen Tri Tunggal Eko Sapto mengatakan, Rakorwil Kedu ini diikuti 150 peserta. Terdiri atas PPNI Kabupaten Wonosobo, Purworejo, Temanggung dan Kabupaten/Kota Magelang. Kegiatan ini rutin digelar dalam rangka menyerap aspirasi dari anggota untuk perkembangan PPNI.

“PPNI Kebumen berkomitmen mendukung program pemerintah daerah khususnya di bidang kesehatan,” ujar Tri Tunggal menyebutkan saat ini jumlah anggota PPNI Kebumen sebanyak 1.600 orang.

Pada kesempatan itu, PPNI Kebumen melaunching PPNI Kebumen TV. Kanal di Youtube tersebut menjadi sarana informasi seluruh kegiatan PPNI Kebumen yang bisa diakses melalui gadget bukan orang Kebumen saja tetapi di seluruh nasional. (ndo)

Pos terkait