Dorong Desa Melek Internet, Bupati Kebumen Resmikan Desmili

Program Desmili
Peresmian Program Desmili di Kecamatan Alian. (Foto: Istimewa)

ALIAN (KebumenUpdate.com) – Di era modern seperti sekarang ini, pembangun desa harus dikuatkan dengan teknologi informasi. Untuk itu, Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mendorong seluruh desa di Kebumen melek teknologi informasi.

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati meresmikan Desa Melek Internet (Desmili) dan Go-Lak atau Go Layanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Alian, Selasa 23 Maret 2021. Peresmian itu merupakan Implementasi Program 100 Hari Kerja mendukung percepatan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kuatkan Jaringan Internet Hingga Pelosok

Terkait masih ada beberapa desa di wilayah Kebumen yang mengalami kendala kesulitan jaringan internet, Bupati menegaskan, ke depan pemerintah akan memberikan dukungan berupa jaringan internet yang cepat dan memadai.

“Kami menyadari memang ada beberapa desa jaringan internet masih lemah. Terutama yang jauh dari kota. Untuk itu ke depan jaringan internet akan kita kuatkan agar bisa di akses seluruh masyarakat hingga ke pelosok. Tentunya nanti Dinas Kominfo yang akan membidanginya, namun untuk infrastrukturnya nanti desa yang menyiapkan,” imbuh Arif.

Hadir Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kebumen Maskhemi, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, Camat Alian Sugito Edi Prayitno beserta Anggota Forkopimcam lainya. Selain dihadiri kepala desa di Kecamatan Alian, acara juga diikuti oleh 100 kepala desa lainya di Kebumen secara virtual.

Teknologi Digital dalam Pengembangan Potensi Desa

Arif Sugiyanto menjelaskan bahwa Desmili merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan potensi desa hingga pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi publik. Dengan begitu dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Apalagi, Alian termasuk kecamatan potensial untuk dikembangkan. Selain terdapat wisata yang fenomenal yakni pemandian air panas Krakal, Alian juga memiliki alam pegunungan yang indah. Termasuk dari sisi seni dan kebudayaan, serta sektor pertaniannya seperti Kelapa Ganjah Entok. Adanya program ini diharapkan segala potensi yang ada bisa dipasarkan melalui teknologi.

“Ini merupakan salah satu program unggulan Kami bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dengan harapan seluruh desa nantinya bisa memamfaatkan teknologi sebagai sarana pengembangan potensi desa dan sekaligus pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ujarnya.

Siapkan Mobil Khusus Pembuatan e-KTP dan Layanan Adminduk

Lebih jauh Bupati menjelaskan, program ini nantinya juga akan diselaraskan dengan Program Go-Lak. Melalui program jemput bola ini, pemerintah akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam layanan pembuatan e-KTP dan administrasi kependudukan lainya. Dengan begitu masyarakat tidak perlu datang ke kota.

“Ke depan kita siapkan mobil khusus untuk pembuatan e-KTP dan layanan administrasi kependudukan lainya hingga ke desa-desa. Jadi masyarakat yang jauh tidak perlu capek-capek datang ke kota Kebumen. Cukup dirumah saja pemerintah yang jemput datang ke masyarakat,” pungkasnya.

Camat Alian Sugito menambahkan Desmili ini juga bisa disebut dengan Desa Online. Di mana program ini adalah untuk memudahkan layanan masyarakat, dan keterbukaan informasi publik, bagi setiap desa nantinya diwajibkan untuk membuat website, dan juga media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube serta akun WhatsApp.

Alhamdulillah untuk desa di Kecamatan Alian sekarang semuanya sudah memiliki website. Kami berharap semua desa bisa menggunakan teknologi digital, terutama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Sugito.

Kecamatan Alian akan membuat Rumah Internet yang menyediakan layanan internet gratis di sejumlah titik.

“Hal ini agar warga yang kesulitan internet bisa mendatangi rumah internet di masing-masing desa secara gratis, dan akses juga cepat,” tandasnya. (*/ndo)

Pos terkait