Pelantikan DPD dan DPK Warnai HUT ke-48 PPNI

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Kebumen merayakan HUT-nya yang ke-48 pada Kamis 17 Maret 2022. Acara berlangsung sejak pukul 9.00 wib di Pendopo Kabumian bersamaan dengan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Komisariat (DPK).

Ketua DPD PPNI Kebumen Oyi Widodo AMK melantik sejumlah 25 perawat sebagai pengurus daerah serta 18 ketua komisariat. Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM beserta jajaran forkopimda yang hadir pada acara ini turut memberikan selamat kepada anggota DPD dan ketua DPK PPNI Kebumen.

Bacaan Lainnya
Pelantikan DPD PPNI di Pendopo Kabumian. (Foto: Hari Satria Wibowo)

Dalam sambutannya, Oyi menyampaikan bahwa program kerja unggulan DPD PPNI yaitu membentuk paguyuban perawat praktek mandiri. “Programnya pelayanan ke masyarakat, standar kompetensi dapat meningkat, sehingga pelayanan ke masyarakat Kebumen dapat dilayani oleh perawat praktek mandiri di lingkungan terdekat,” ujarnya.

Pemekaran DPK Sudah Sesuai AD/ART

Dia juga menambahkan adanya pemekaran DPK menjadi 18 dari sebelumnya 15 DPK. 3 DPK tersebut yaitu PKU Muhammadiyah Petanahan, PKU Muhammadiyah Kutowinangun, dan RSIA Wijaya Kusuma. Sementara untuk jumlah anggota, ada sebanyak 2408 anggota yang tersebar di berbagai rumah sakit baik swasta maupun pemerintah, klinik, dan puskemas.

“Terkait pemekaran ini, sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPNI bahwa perawat boleh mendirikan DPK sendiri atau pemekaran minimal anggotanya sebanyak 25 anggota. Alhamdulillah di 3 rumah sakit tadi melebihi dari 25 anggota, dengan kata lain sudah sesuai dengan syarat atau kriteria untuk pemekaran,” tandasnya.

Diwarnai oleh Gebyar UMKM Kebumen

Beberapa produk UMKM Kebumen. (Foto: Hari Satria Wibowo)

Selain pelantikan, acara ini juga dimeriahkan dengan adanya gebyar UMKM. Dengan tujuan untuk menggairahkan kembali dunia UMKM, meningkatkan daya beli masyarakat terhadap UMKM, mencintai produknya, meningkatkan ekonomi Kebumen di mana selama pandemi agak lesu. Dengan adanya momen ini pihak panitia berharap semoga UMKM di Kebumen makin meningkat.

“Harapannya di HUT PPNI yang ke-48 ini perawat honorer dapat ditingkatkan derajatnya. Paling tidak untuk tahun ini atau depan dapat dianggarkan alokasi dari Pemkab Kebumen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang lumayan banyak sehingga semua perawat honorer dapat tercover dan masuk ke dalam kriteria PPPK tersebut,” jelas Oyi.

Pos terkait