Anggaran DBHCHT Kebumen Tahun 2023 Rp16,7 Miliar, Berikut Alokasi Penggunaannya

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (tengah) didampingi Sekda Kebumen Edi Rianto (kiri) dan Ketua PWI Kebumen Supriyanto (kanan). (Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Tahun 2023, Kabupaten Kebumen menerima anggaran Rp16,7 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Anggaran tersebut dialokasikan untuk berbagai kegiatan/bidang melalui organisasi perangkat daerah (OPD).

“Untuk 2023 ada kenaikan anggaran dibanding 2022. Perhitungan alokasinya, variabel pertama adalah penghasil cukai. Di Kebumen sudah ada pabrik rokok, meskipun banyak juga yang pabrik kecil/rumahan,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kebumen, Purnowati, saat acara Media Gathering Publikasi Hasil Kegiatan DBHCHT, Minggu 10 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Baca juga: BLT Rp 600.000 Kembali Diberikan untuk Buruh Tani dan Petani Tembakau

Hadir pada acara ini Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Sekda Kebumen Edi Rianto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Frans Haidar, jajaran OPD, ketua PWI Kebumen Supriyanto, awak media, dan influencer.

Adapun variabel kedua yang mempengaruhi penerimaan anggaran DBHCHT yaitu produksi tembakaunya. Purnowati menjelaskan bahwa Kebumen meskipun tidak sebanyak Temanggung, namun juga memproduksi tembakau yaitu di Kecamatan Karanggayam.

“Jadi 2 unsur tadi yang menentukan besar kecilnya anggaran DBHCHT untuk setiap kabupaten/kota di Indonesia. Kalau ada pabrik rokok lagi di Kebumen, kemungkinan yang diterima akan lebih banyak lagi,” lanjut Purnowati.

Pos terkait